4 Kandidat Bertarung di Pemilihan Presiden LDP Jepang: Taro Kono, Kishida, Takaichi & Seiko Noda

0
15



Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Pemilihan presiden LDP (Partai Liberal Demokrat) Jepang secara resmi dimulai Jumat (17/9/2021) kemarin.

Para kandidat adalah Taro Kono, Menteri Negara Reformasi Regulasi (58); Fumio Kishida, mantan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi (64); Sanae Takaichi, mantan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi (60); dan Seiko Noda, Pj Sekretaris Jenderal LDP (61).

Masa pemilihan ini adalah tempat untuk memutuskan peran kemudi negara Jepang masa depan, yang akan menjadi penerus Perdana Menteri Yoshihide Suga, dan pada saat yang sama, ini akan menjadi kesempatan untuk memilih “wajah pemilihan” LDP.

Dengan semakin dekatnya pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (shugiin), perdebatan sengit akan terjadi pada isu-isu seperti langkah-langkah melawan virus corona, reformasi partai, dan kebijakan tenaga nuklir dan energi.

Penghitungan suara dilakukan pada tanggal 29 September 2021 sekaligus pengumuman pemenang.

Ini adalah kali kedua kandidat perempuan muncul sejak Yuriko Koike (saat ini menjadi gubernur Tokyo) pada 2008.

Baca juga: Chiyako Sato: Takaichi Dipakai Abe Untuk Meningkatkan Kembali Popularitas LDP

Namun pertama kali dengan dua calon wanita. Serta pertama kalinya bagi banyak calon Presiden. Sebelumnya paling banyak 3 kandidat.

Taro Kono menekankan pada pidato di markas partai, “Saya ingin Anda mempercayakan semua antisipasi corona pada kemampuan eksekusi Taro Kono.”

Kishida berkata, “Kami akan memenangkan pemilihan DPR dan pemilihan Majelis Tinggi musim panas mendatang dengan politik yang toleran dan sopan, dan menanggapi amanat rakyat.”



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here