5 Tuntutan BEM SI Saat Demo di Depan Gedung KPK, Soroti Jokowi yang Dinilai Tak Tepati Janji

0
14


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan demo di depan Gedung KPK, Setiabudi , Jakarta Selatan pada Senin (27/9/2021).

Demo yang berakhir pada sore hari itu dilakukan lantaran ultimatum kepada Presiden Jokowi untuk membatalkan hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK telah melewati tenggat 3 hari.

Unjuk rasa ini digelar dalam rangka memberikan pembelaan terhadap 57 pegawai KPK yang dipecat karena tak lulus TWK.

Kurang lebih 4 jam menyuarakan tuntutan, ratusan mahasiswa tersebut kemudian membubarkan diri.

Mengutip Tribunnews.com, Ketua BEM UNS Solo, Zakky Zuhad membacakan lima tuntutan melalui mobil komando dengan pengeras suara.

Baca: Hari Ini DPRD DKI Jakarta Gelar Rapat Paripurna, Tentukan Nasib Interpelasi Anies Baswedan

Baca: Belum Terima Surat Pemecatan Resmi dari PSI, Viani Limardi Tetap Hadiri Rapat Paripurna DPRD DKI

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan demonstrasi di dekat gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (27/9/2021). Dalam aksinya mahasiswa mendesak Presiden Jokowi dan Ketua KPK Firli Bahuri membatalkan pemberhentian 56 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).
Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan demonstrasi di dekat gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (27/9/2021). Dalam aksinya mahasiswa mendesak Presiden Jokowi dan Ketua KPK Firli Bahuri membatalkan pemberhentian 56 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Pembacaan tuntutan itu disaksikan oleh Kapolres Metro Jakasel Kombes Azis Andriansyah dan juga Wakapolres Metro Jaksel AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Dalam tuntutan tersebut BEM SI menyangkan sikap pimpinan KPK yang tak memenuhi mahasiswa dan justru pergi ke Jambi.

Kemudian mereka juga kecewa terhadap sikap Presiden Jokowi yang telah berjanji saat kampanye, tetapi kemudian lepas tanggung jawab saat penyidik KPK yang diberhentikan membutuhkan keberpihakan presiden.

“Sebelum kita bubar, kami menyampaikan lima tuntutan yang tercatut kepada Pak Jokowi dan Pimpinan KPK.

Menyatakan sikap, satu, menyayangkan sikap aparat kepolisian yang tidak memberikan kami ruang untuk menyampaikan tuntutan dan aspirasi di depan Gedung Merah Putih KPK,” ujar Zakky, Senin (27/9/2021).

Baca: Azis Syamsuddin Dikabarkan juga Menyuap Penyidik KPK Soal Kasus Penanganan Perkara

Baca: Bentangkan Poster Saat Kunjungan Jokowi ke UNS, 10 Mahasiswa Diamankan, Pengacara Ungkap Alasannya

Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demonstasi di area Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9/2021) siang.
Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demonstasi di area Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9/2021) siang. (KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here