5 Venue Favorit Untuk Konser di Kota Semarang

    1
    238
    Westlife saat menyapa publik Semarang di Sam Poo Kong (Sumber foto: www.bundafinaufara.com)

    Bagi para pecinta skena musik lokal maupun nasional di Kota Semarang pasti tidak lepas dengan acara-acara konser maupun pentas seni (pensi) yang setiap tahunnya diadakan. Setiap event organizer pun selalu membawa konsep tersendiri yang membuat tiap acara memiliki ciri khasnya, termasuk pemilihan venue.

    Berikut ini adalah 5 venue yang bisa dikenal sebagai tempat favorit dalam penyelenggaraan konser musik. Mana nih favorit kalian?

    1. Stadion Diponegoro

    Wajah Stadion Diponegoro dari udara (Sumber foto: johansurya.id)

    Terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro, Kota Semarang. Stadion ini sempat menjadi panggung olahraga terbaik se-Asia Tenggara. Akibat banyaknya kerusakan, serta tidak adanya biaya guna perawatan bangunan stadion, membuat pengelola harus memutar otak dalam memanfaatkan bagunan ini.

    Kodam Diponegoro/IV, sebagai pemilik serta pengelola memutuskan bahwa adanya konser di gelanggang olahraga ini adalah upaya agar stadion ini tetap dapat bermanfaat bagi publik. Hingga kini, citra Stadion Diponegoro lebih dikenal sebagai venue konser bagi kaula muda di Semarang.

    2. Sam Poo Kong

    Kelenteng Sam Poo Kong, salah satu landmark kebanggaan warga Semarang (Sumber foto: idetrips.com)

    Terletak di Jalan Simongan No. 129, Kota Semarang. Keleteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Cheng Ho. Komplek kelenteng bersejarah ini masih aktif sebagai tempat pemujaan bagi umat Konghucu sekaligus sebagai tempat wisata.

    Sebagai salah satu landmark di Kota Semarang, tidak jarang tempat ini juga menjadi venue konser, seperti tur konser Westlife tahun lalu.

    3. UTC Hotel

    UTC Hotel (Sumber foto: assets.wego.com)

    Terletak di Jalan Kelud Raya No. 2, Kota Semarang. Sebagai hotel konferensi yang memiliki fasilitas ruang cukup luas, cukup menjadi alasan kuat mengapa UTC menjadi salah satu venue favorit dalam mengadakan konser. Rizky Febian, Tulus, dan Aji adalah sederet artis yang pernah meraskaan atmosfir di sini.

    4. Wonderia

    Suasana di Taman Bermain Wonderia pada masa jayanya (Sumber foto: wonderia-semarang.blogspot.com)

    Terletak di Jalan Sriwijaya No.28, Kota Semarang. Dahulu dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bagi warga Kota Semarang. Dibuka sejak 2007, taman bermain ini bahkan diresmikan langsung oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

    Namun, mangkrak karena berbagai faktor membuat kawasan taman bermain Wonderia ini sepi tanpa pengunjung. Beruntungnya beberapa event musik pernah memakai halaman Wonderia, sehingga membuat kawasan sekitar menjadi hidup.

    5. Citra Grand

    Suasana malam hari di sekitar wahana biang lala Citra Grand (Sumber foto: www.citragrand-semarang.com)

    Terletak di Jalan Kompol R Soekanto, Sambiroto. Komplek perumahan ini juga cukup familiar di telinga kaula muda Semarang, khusunya pencinta konser. Hampir tiap tahunnya Citra Grand dipilih berbagai event organizer sebagai venue mereka mengadakan konser. (alf-smg)

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here