Aturan Kerja Baru, PNS yang Sudah Divaksinasi Covid-19 Wajib WFO

0
22


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pemerintah memberlakukan aturan baru untuk sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) dimasa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, kantor pemerintahan seKtor non-esensial bisa memperkerjakan 25 persen ASN untuk work from office (WFO).

Namun syaratnya ASN tersebut sudah divaksinasi Covid-19.

Hal ini berlaku di wilayah PPKM Level 3 dan 4.

“Dua puluh lima persen WFO diprioritaskan bagi pegawai yang telah divaksinasi (untuk pegawai ASN yang berada di sektor non-esensial di wilayah luar Jawa dan Bali dengan PPKM Level 4 dan 3),” ujar Menpan RB Tjahjo Kumolo seperti dikutip dari Setkretariat Presiden, Jumat (24/9/2021).

Baca: Surati KPK Agar Tunda Pemeriksaan, Azis Syamsuddin Beralasan Jalani Isoman

Baca: Kelulusan Peserta CPNS 2021 Tak Lagi Berdasarkan Peringkat Tertinggi, Ini Penjelasan Kemenpan RB

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo usai memberikan penghargaan zona integritas kepada instansi dan lembaga pusat serta daerah di Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).(KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo usai memberikan penghargaan zona integritas kepada instansi dan lembaga pusat serta daerah di Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).(KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari) (Kompas.com)

Pengaturan sistem kerja para PNS ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2021 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN Selama PPKM pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Sementara untuk instansi di luar Jawa dan Bali yang berada di sector non-esensial pada PPKM Level 1 dan 2, diberlakukan WFO 50 persen pegawai jika daerahnya berada di zona hijau atau kuning.

Sedangkan bagi instansi yang daerahnya berada di zona oranye dan merah, diberlakukan WFO 25 persen.

“Untuk instansi pemerintah di sektor esensial pada PPKM Level 4 di luar wilayah Jawa dan Bali, WFO maksimal dilakukan oleh 50 persen pegawai,” kata dia.

Tjahjo Kumolo menjelaskan, jika wilayah berada di PPKM Level 3, WFO dapat dilakukan dengan maksimal 100 persen.

Baca: Buntut Kasus Wali Kota Malang dan Para ASN Langgar Prokes saat Gowes Bersama, Kini Diperiksa Polisi

Baca: Tjahjo Kumolo

Ilustrasi PNS/ASN
Ilustrasi PNS/ASN (Tribunnews.com)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here