Bacaan Alkitab Jumat 8 Oktober 2021, Keluaran 18:23-24 : Sukses Karena Rendah Hati

0
6



TRIBUNMANADO.CO.ID – Kritik keras namun konstruktif Yitro kepada Musa, tidak membuat Musa tersinggung. Padahal dia seorang pemimpin besar, berpengaruh dan kharismatik.

Musa menerima itu dalam kerendahan hati. Yitro melengkapi kritiknya itu dengan advis dan nasihat-nasihat.

Semua kritik diterima Musa dalam kerendahan hati. Dan, semua advis, nasihat dan wejangan Yitro, dijalankan dan dilakukan sepenuhnya oleh Musa. Tak ada satupun masukan Yitro yang tidak dilakukan oleh Musa.

Musa tentu tidak menelan mentah-mentah advis Yitro, tanpa berpikir. Namun setelah dia pikir, renungkan dan analisa dengan seksama, semua yang disampaikan mertuanya itu baik dan benar adanya.

Cocok dan harus dia lakukan dengan segera. Sebab dengan demikian, dia bisa melaksanakan tugasnya dengan mudah, lancar dan sukses. Efisien, efektif dan produktif.

Tak ada yang tidak dilakukan oleh Musa. Semua saran dan nasihat Yitro diikuti dan dilaksanakan dengan sepenuh hatinya. Diapun menuai sukses karena semua umat Israel pulang dengan senang ke tempatnya masing-masing.

Demikian firman Tuhan hari ini. “Jika engkau berbuat demikian dan Allah memerintahkan hal itu kepadamu, maka engkau akan sanggup menahannya, dan seluruh bangsa ini akan pulang dengan puas senang ke tempatnya.” Musa mendengarkan perkataan mertuanya itu dan dilakukannyalah segala yang dikatakannya. (ay 23, 24)

Mendengar, mengikuti dan melakukan kritik dan saran orang, tidak segampang yang diucapkan. Apalagi oleh seorang pemimpin sebesar Musa.

Kekuasaan Musa “super power.” Tapi, dia pemimpin yang rendah hati dan takut akan Tuhan. Dia tidak mengeraskan hati, tapi mau mendengar karena dia memiliki hati seorang hamba.

Itulah kunci keberhasilan Musa dalam kepemimpinannya. Dalam segala kemegahan kekuasaan yang Tuhan percayakan kepadanya, tidak membuat dia lupa diri dan merasa “jumawa” (paling hebat). Dia tidak menganggap rendah orang lain yang ketika itu semua berada di bawah “kekuasaannya.”



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here