BACAAN ALKITAB – Matius 4:25 Diikuti Orang Banyak

0
18


 Matius 4:25
TRIBUNMANADO.CO.ID – Pengajaran dan Penginjilan yang dilakukan Tuhan Yesus disertai mujizat penyembuhan dan pemulihan kepada banyak orang, “viral.”

Semua jemaat dan masyarakat gempar mendengar dan menyaksikan peristiwa ajaib yang dilakukan Yesus. Baik pengajaran-Nya maupun mujizat yang Dia lakukan. Yesus membawa perubahan yang “komunal” dan cukup signifikan yang membahana ke segala penjuru negeri.

Kisah Tomas, Murid Yesus yang Sempat Ragu dengan Kebangkitan Tuhannya
Kisah Tomas, Murid Yesus yang Sempat Ragu dengan Kebangkitan Tuhannya (istimewa)

Bukan hanya Galilea yang heboh. Tapi juga Siria, Dekapolis, Yerusalem, Yudea dan dari seberang sungai Yordan serta beberapa wilayah lainnya. Semua orang membicarakan tentang keajaiban kuasa kasih-Nya. Mereka pun berbondong-bondong mencari Yesus dan mengikuti-Nya ke mana saja Dia pergi dan berada.

Yah, banyak orang menjadi percaya dan mengikut Tuhan. Yesus mengajarkan banyak hal tentang firman Allah dan memberi contoh dan teladan yang baik dan benar tentang apa yang Dia ajarkan. Sehingga Yesus menjadi _role model_ bagi semua orang.

Mencari Yesus dan mengikuti Yesus. Itulah yang terjadi. Yesus telah mengubah banyak hal tentang prilaku hidup yang baik dan benar, sehingga begitu banyak orang tertarik dan mengikuti Dia.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan. (ay 25)_

Tuhan Yesus memang sungguh sempurna dalam pengajaran dan penginjilan-Nya. Sebab Dia tidak hanya mengajar, tapi melakukan apa yang Dia ajarkan. Dia mengajarkan apa yang Dia lakukan, dan melakukan apa yang Dia ajarkan kepada semua orang.

Mujizat, perbuatan ajaib, menyembuhkan orang sakit, memulihkan orang lemah tak berdaya, menguatkan dan meneguhkan hati dan memberi kekuatan serta semangat hidup bagi mereka yang letih lesu, menjadikan Dia sangat disukai orang banyak. Merekapun selalu mengikuti Dia.

Berbondong-bondong orang dari berbagai latar belakang kehidupan dan asal muasalnya, menyatu bersama mengikut Tuhan. Karya yang telah ditunjukkan-Nya membuat Yesus menjadi Pemimpin yang paling disukai dan dikasihi orang banyak. Itulah sebabnya, ke mana saja Dia pergi, orang-orang akan “menyemut” mengikuti Dia.

Sahabat Kristus, jika kita mengikuti teladan Tuhan Yesus, maka kita juga akan diikuti oleh banyak orang. Tidak ada ajaran Kristis yang salah dan tidak benar. Jika kita sebagai murid Yesus di zaman now mengajarkan apa yang Yesus ajarkan dan melakukan seperti yang Tuhan Yesus lakukan, maka itu artinya kita akan menjadi _role model_ bagi orang lain. Ketika kita jadi teladan, maka kita akan diikuti oleh orang lain.

Jadi, orang Kristen yang benar itu diikuti oleh banyak orang karena keteladanan, kebaikan dan kasih-Nya. Bukan mengikuti orang lain. Sebab orang Kristen terlahir untuk jadi kepala, bukan jadi ekor atau pengekor atau pengikut orang lain dan dunia.

Itulah hakikat Kekristenan kita. Sebagai keluarga dan orang Kristen, kita harus menampakkan kemuliaan Kristus. Kita harus menjadi surat Kristus yang terbuka kepada semua orang, terutama dalam hal mewujudkan kasih kepada sesama. Sehingga orang melihat kemuliaan Tuhan dalam diri kita, maka kita diikuti oleh orang banyak.

Jangan mengikuti dunia, supaya kita tidak jatuh oleh dunia, karena menyesuaikan dengan keinginan dunia. Tapi jadikanlah diri kita sebagai pelaku firman Tuhan sejati, agar dari hidup kita terpancar sinar terang Kristus, dan orang-orang berbondong-bondong datang kepada Tuhan. Dengan demikian, hidup kita dan keluarga telah mewartakan Injil Kristus dan hidup menjadi berkat bagi banyak orang. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, pakailah kami sebagai hamba-Mu yang terus menjadi teladan bagi semua orang. Agar hidup kami selalu mempermuliakan Tuhan. Amin



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here