BACAAN ALKITAB Yehezkiel 3:21 – Hidup dan Tumbuh Bersama

0
33


Yehezkiel 3:21
TRIBUNMANADO.CO.ID – Ternyata, bukan hanya orang jahat yang harus ditegur dan diperingatkan oleh Yehezkiel. Karena tugasnya sebagai penjaga umat itu, dia juga ditugaskan Allah untuk menjaga orang benar. Maksudnya, Yehezkiel harus memperingatkan orang benar, agar tidak melakukan kejahatan apapun.

Orang benar harus diperingatkan oleh Yehezkiel, agar mereka tetap selalu berlaku baik dan benar, jangan sampai jatuh dalam dosa, kesalahan dan kejahatan. Jangan mentang-mentang benar atau merasa benar, menganggap diri ada toleransi dari Allah untuk mrlakukan kejahatan. Tidak! Orang benar harus selalu berprilaku baik dan benar. Justeru sangat memalukan dan menggelikkan, jika orang benar berlaku tidak benar atau jahat!

Ilustrasi Holy Bible
Ilustrasi Holy Bible (NET)

Jika Yehezkiel tidak menegur dan tidak memperingatkan orang benar untuk kebaikannya, maka dialah yang salah. Apalagi kalau orang benar itu akhirnya berbuat jahat. Orang itu memang tetap dihukum mati, tapi dosanya akan ditanggung oleh Yehezkiel.

Sebaliknya, jika Yehezkiel telah menegur dan memperingatkan orang benar dan dia konsisten berbuat benar dan menjauhi kejahatan, berarti dia telah menolong orang benar itu dan dirinya sendiri. Maka selamat bersamalah nyawa mereka. Mereka juga dipastikan mendapat kasih karunia melimpah dari Allah, Bapa kita di dalam Tuhan Yesus.

Demikian firman Tuhan hari ini.
“Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu.” (ay 21)_

Dari peristiwa ini, Allah mengingatkan Yehezkiel dan kita sebagai umat-Nya, bukan hanya menjaga sesama atau menegur dan memperingatkan sesama, tapi agar kita tumbuh bersama sebagai anak-anak-Nya. Yehezkiel dan kita adalah penjaga umat. Kita harus menolong agar sesama yang jatuh dalam kejahatan, diangkat dan dibebaskan dari kejahatannya, agar dia bertobat dan selamat, sehingga dia tidak dihukum mati.

Demikian dengan mereka-mereka yang sudah hidup benar. Kita harus jaga agar mereka tidak tergoda dengan orang-orang lain berbuat curang atau jahat. Tetapi mereka harus hidup baik dan benar. Jangan berubah tidak setia, sebab pasti akan dihukum Allah.

Sebaliknya, Yehezkiel dan kita sebagai hamba Tuhan yang setia dan hidup benar, jangan egois. Tapi kita harus peduli dengan sesama. Menyelamatkan umat Tuhan yang lain agar mereka juga selamat, bahagia dan sejahtera bersama di bumi dan di sorga.

Jadi, Tuhan Allah menghendaki agar kita sebagai hamba Tuhan tidak hanya memikirkan keselamatan diri sendiri tapi juga orang lain. Allah ingin bukan hanya kita yang selamat tapi juga orang lain. Allah menghendaki agar kita berbuat dan bertindak untuk menolong sesama yang telah jatuh dalam kejahatan.

Allah menginginkan dan menghendaki agar sebagai umat-Nya, kita tumbuh bersama. Kita harus hidup bersama sebagai anak-anak-Nya, dan kita juga harus bersama-sama hidup. Kita harus hidup dalam kebersamaan di dalam Tuhan.

Keegoisan, harus kita buang. Keselamatan, jangan hanya menjadi milik kita. Tapi juga bagi orang lain. Itulah sesungguhnya hakekat panggilan penginjilan dan pelayanan bagi kita. Yakni untuk menolong sesama, agar kita hidup bersama dan bersama hidup di dalam Tuhan. Sehingga keselamatan, kebahagiaan, berkat dan kasih karunia Kristus akan menjadi milik kita bersama sebagai jemaat dan umat Tuhan.

Demikianlah, sebagai keluarga dan umat Kristen, kita harus hidup saling peduli. Wujudkan kasih untuk menolong sesama. Hiduplah dalam kebersamaan dengan sesama. Marilah kita tumbuh bersama dengan sesama, bersama Tuhan. Agar hidup kita semakin diberkati dan saling memberkati, maka dari cara hidup kita itu, nama Tuhan senantiasa dipuji dan dimuliakan. Amin

DOA: Tuhan Yesus, tuntun hidup kami agar senantiasa suka menolong dan peduli akan sesama agar kami selalu jadi berkat bagi semua orang dan nama Tuhan dimuliakan. Amin



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here