Benteng Liya Togo – Tribunnewswiki.com

0
8



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Benteng Liya Togo adalah sebuah Cagar Budaya Dunia yang ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Benteng Liya Togo dibangun pada masa awal kebesaran Kesultanan Buton dan Pulau-pulau Tukang Besi sesuai dengan catatan sejarah.

Benteng Liya Togo bertujuan untuk benteng pertahanan dan untuk menghalau serangan musuh dari arah timur.

Disebutkan bahwa pada masa pemerintahan Raja Buton Buton XVII, dia menobatkan anaknya sebagai pemimpin/Lakina I Kerajaan Liya. (1)

Raja Buton Buton XVII juga menjadikan Benteng Liya Togo sebagai benteng pertahanan dan juga sebagai pusat pemerintahan Kerajaan yang bercorak Islam serta pemukiman diluar istana.

Baca: Benteng Oranje

Belum diketahui secara pasti awal pendirian Benteng Liya Togo berdasarkan catatan sejarah, namun disebutkan benteng ini dibangun pada masa Kesultanan Buton dan Pulau-pulau Tukang Besi.

Bangunan Benteng Liya Togo ini mempunyai 13 pintu, yang terletak pada dinding benteng yaitu 4 pintu dan pada benteng luar (pemukiman) terdapat 9 pintu.

Benteng Liya Togo terbuat dari batu karang yang disusun bertumpuk tanpa pola namun disesuaikan dengan kondisi morfologi batu.

Akhirnya struktur tersebut membentuk gundukan batu persegi empat dimana ketebalan dan tingginya disesuaikan dengan kebutuhan pengamanan.

Baca: Desa Tuntang

Di dalam bangunan Benteng terdapat sebuah Masjid yang dibangun tahun 1546 M dan bercirikan gaya arsitektur abad XX.

Benteng Liya Togo berlokasi di Desa Liya Togo, Kecamatan Wangi Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (2)

Akses menuju Benteng Liya Togo dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer dari pusat kota.

Baca: Museum Olahraga Nasional

Benteng Liya Togo yang berada di Desa Liya Togo cukup mudah dijangkau karena pengunjung hanya mengikuti jalan poros yang melewati jalur pesisir. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here