Bruce Lee – Tribunnewswiki.com

0
7



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Lee Jun Fan atau lebih dikenal dengan Bruce Lee adalah seorang aktor, seniman beladiri, sutradara dan filsuf keturunan Eropa – Asia.

Bruce Lee dianggap sebagai seniman bela diri yang paling berpengaruh dan menjadi jembatan bagi kesenjangan antara budaya Timur dan Barat dalam dunia perfilm-an.

Bruce Lee meninggal pada 20 Juli 1972 saat berusia 32 tahun, tidak ada luka luar yang ditemukan dalam tubuhnya, namun menurut laporan otopsi, otak Lee mengalami pembengkakan secara signifikan.

Bruce Lee lahir pada 27 November 1940, di Chinatown, San Fransisco dari pasangan Lee Hoi-chuen dan Grace Ho. (1)

Kemudian orang tuanya dan Lee kembali pindah ke Hong Kong saat dia masih berusia tiga bulan.

Baca: Jackie Chan

Guru pertamanya adalah ayahnya, di mana Lee belajar dasar-dasar ilmu bela diri karena dia sering terlibat dengan perkelahian jalanan.

Pada usia 13 tahun, Bruce Lee belajar gaya kungfu Wing Chun di bawah asuhan pribadi pakar Wing Chun terkenal, Yip Man.

Pada usia 18 tahun, Bruce Lee pindah ke Seattle, Amerika Serikat dan Desember 1960, Lee menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya dari Edison Technical School di Capitol Hill.

Pada Maret 1961, Bruce Lee mendaftar kuliah di Washington University dalam bidang drama, filsafat dan psikologi tetapi lebih mengarah ke drama.

Bruce Lee juga bekerja di sebuah restoran keluarga Ruby Chow milik temannya, Bruce Lee juga mengajar Kung Fu di Seattle dan membuka sekolah Kung Fu, yaitu Institut Jun Fan Gung.

Baca: Keanu Reeves

Bruce Lee menciptakan teknik bela diri untuk menangkis pukulan atau tinju yang diberi nama dengan teknik Jeet Kune Do.

Bruce Lee juga bersekolah di Oakland dan Los Angeles, saat itu dia bertemu dengan Linda Lee Cadwell dan menikahinya pada tahun 1964.

Bruce Lee dan Linda Lee Cadwell dikaruniai dua anak yaitu seorang anak laki-laki bernama Brandon Lee dan anak perempuan bernama Shannon Lee.

Bruce Lee berpartisipasi dalam Kejuaraan Karate Internasional Long Beach tahun 1964, dengan “push-up dua jari” dan “pukulan satu inci”. (2)

Baca: Jet Li

Bruce Lee bertemu master Taekwondo Jhoon Goo Rhee, mereka memulai sebuah persahabatan yang terbentuk secara instan dan menguntungkan kedua artis.

Pada tahun 1964, Lee memiliki pertandingan pribadi dengan Wong Jack Man, di Chinatown Oakland, dan dimenangkan oleh Lee.

Penampilannya yang luar biasa di Long Beach Karate Championship membuatnya menjadi pusat perhatian para sutradara Hollywood. 

Bruce Lee berakting sebagai Kato di serial TV “The Green Hornet”, pertunjukan tersebut berlangsung selama satu musim dari tahun 1966 hingga 1967.

Bruce Lee mulai berkonsentrasi pada seni bela diri dan menyadari bahwa teknik seni bela diri tradisional terlalu kaku.

Baca: Chris Hemsworth

Teknik baru seni bela diri memiliki ciri-ciri kepraktisan, fleksibilitas, kecepatan, dan efisiensi. 

Maka pada tahun 1967, Bruce Lee menciptakan teknik baru yang disebut Jeet Kune Do.

Pada tahun 1969, Lee menjadi bintang tamu dalam film “Marlowe”, berperan sebagai penjahat sewaan.

Pada tahun 1970, Lee bertanggung jawab untuk koreografi pertarungan A Walk in the Spring Rain yang ditulis oleh Silliphant.

Bruce Lee menandatangani kontrak film “The Big Boss” pada tahun 1971, yang membuatnya menjadi pemeran utama.

Baca: Bruce Willis

Film “The Big Boss” sukses besar di box office di seluruh Asia dan membuatnya menjadi bintang, lalu diikuti film “Fists of Fury”, yang lebih sukses dari film sebelumnya.

Film ketiga Bruce Lee, “Way of the Dragon” pada tahun 1972, dia diberi kesempatan menjadi penulis, sutradara, bintang, dan koreografer adegan perkelahian. 

Pada Nvember 1972, Bruce Lee ditawari film “Enter the Dragon”, yang merupakan usaha patungan pertama dari Golden Harvest dan Warner Bros.

“Enter the Dragons” dijadwalkan untuk rilis pada 26 Juli 1973, namun hanya enam hari sebelum pemutaran perdana, Bruce Lee meninggal.

Baca: Will Smith

Nama Bruce Lee memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame, menegaskan statusnya sebagai ikon film Hollywood. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here