Cate Blanchett – Tribunnewswiki.com

0
6



Cate Blanchett lahir pada 14 Mei 1969 di pinggiran kota Ivanhoe, Melbourne, dari pasangan June Gamble dan Robert DeWitt Blanchett Jr. (1)

Ibunya bekerja sebagai guru dan pengembang properti sementara ayahnya bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat dan kemudian menjadi eksekutif periklanan.

Baca: Miranda Kerr

Cate memiliki kakak laki-laki Bob Blanchett (lahir 1968) dan adik perempuan Genevieve Blanchett (lahir 1971). 

Blanchett belajar di Ivanhoe Girls’ Grammar School dan bergabung dengan Methodist Ladies’ College di bidang seni pertunjukan. 

Dia kemudian kuliah di University of Melbourne selama setahun sebelum keluar, dan di awal usia dua puluhan, Blanchett bekerja di panti jompo.

Kemudian, Cate mendaftar di National Institute of Dramatic Art dan lulus pada tahun 1992, menerima gelar Bachelor of Fine Arts.

Cate Blanchett menikah dengan penulis skenario/penulis drama Andrew Upton pada 29 Desember 1997, dan memiliki tiga putra serta satu putri angkat.

Baca: Angelina Jolie

Peran panggung penting pertama Cate Blanchett adalah drama 1992 “Oleanna” oleh Sydney Theatre Company. (2)

Cate juga tampil dalam drama berjudul “Electra”, setelah itu memainkan peran Ophelia dalam drama “Hamlet” yang disutradarai Neil Armfield pada 1994-1995.

Blanchett kemudian muncul di miniseri TV “Heartland” dan “Bordertown”, kemudian tahun 1996, berakting dalam drama pendek “Parklands”. 

Cate Blanchett membuat debut film fitur dalam film Bruce Beresford “Paradise Road” (1997) yang dibintangi bersama Frances McDormand dan Glenn Close.

Baca: Emma Stone

Peran utama pertama Blanchett adalah dalam film drama romantis tahun 1997 “Gillian Armstrong Oscar and Lucinda” sebagai Lucinda Leplastrier. 

Peran Internasional terkenal pertama Cate sebagai Elizabeth I muda dari Inggris dalam drama sejarah “Elizabeth” (1998), disutradarai oleh Shekhar Kapur.

Cate Blanchett mendapatkan Golden Globe Award, British Academy Award (BAFTA Awards), nominasi Screen Actors Guild (SAG) dan Academy Award pertamanya untuk Best Actress.

Pada tahun 1999, Cate berakting dalam proyek akting “Bangers”, “Pushing Tin” dan “The Talented Mr. Ripley”.

Cate berperan sebagai Galadriel dalam serial film “The Lord of the Rings”, yang disutradarai oleh Peter Jackson.

Baca: Mila Kunis

Selama waktu ini, Cate Blanchett juga muncul di berbagai peran dalam program TV “Charlotte Gray”, “The Shipping News” dan “Bandits”.

Pada tahun 2002, Cate muncul dalam film “Heaven” yang juga dibintangi oleh Giovanni Ribisi. 

Pada tahun 2003, Cate Blanchett memainkan berbagai peran dalam film seperti “The Missing” dan “Coffee and Cigarettes”.

Pada tahun 2005, Blanchett berperan sebagai Katharine Hepburn dalam film “The Aviator” dan memenangkan Academy Awards untuk Best Supporting Actress.

Cate Blanchett tampil bersama Brad Pitt dalam drama “Babel” dan bersama George Clooney dalam drama “The Good German” pada tahun 2006.

Baca: Brad Pitt

Cate memainkan peran cameo dalam film aksi-komedi Inggris “Hot Fuzz” pada tahun 2007.

Cate Blanchett mengulangi perannya sebagai Ratu Elizabeth I dalam sekuel “Elizabeth: The Golden Age” pada tahun 2007.

Selanjutnya, Cate muncul sebagai Kolonel Dr. Irina Spalko dalam film “Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal” pada 2008. 

Blanchett kembali berperan bersama Brad Pitt dalam film “The Curious Case of Benjamin Button”.

Blanchett menjadi pengisi suara Granmamare untuk Hayao Miyazaki dalam film “Ponyo” (versi bahasa Inggris). 

Pada tahun 2008, Cate dan suaminya menjadi direktur artistik dan CEO Sydney Theatre Company (STC).

Baca: Jennifer Aniston

Cate Blanchett kembali berakting dalam teater produksi STC “A Streetcar Named Desire” yang disutradarai oleh Liv Ullmann.

Pada tahun 2010, Cate berperan di film “Robin Hood”, kemudian pada tahun 2011 dia memerankan Marissa Wiegler dalam film aksi-thriller “Joe Wright Hanna”.

Dari 2012 hingga 2014, Cate Blanchett berakting dalam serial film “The Hobbit” dan menjadi pengisi suara untuk “Family Guy”. 

Blanchett juga berakting dalam film “The Turning”, “Blue Jasmine” dan “The Monuments Men”

Pada tahun 2015, Cate Blanchett membintangi beberapa film seperti “Knight of Cups”, “Cinderella”, “Carol”, “Truth” dan “Manifesto”.

Baca: Jennifer Lopez

Pada tahun 2017, Blanchett membintangi drama “The Present” dan film “Thor: Ragnarok”.

Pada tahun 2018, dia berperan dalam franchise “Ocean’s Eleven” yang disutradarai oleh Gary Ross yang menampilkan Sandra Bullock, Anne Hathaway, Mindy Kaling, dan Helena Bonham Carter.

Pada tahun 2020, Cate Blanchett memainkan peran pendukung dalam serial drama Australia Stateless, terinspirasi oleh kasus penahanan wajib yang kontroversial dari Cornelia Rau.

Blanchett menjadi headline dan memproduksi miniseri drama sejarah FX / Hulu Mrs. America (2020), sebagai aktivis konservatif Phyllis Schlafly.

Cate Blanchett menjabat sebagai produser eksekutif pada film Yunani Apel (2020), yang disutradarai oleh Christos Nikou.

Baca: Bradley Cooper

Blanchett akan berakting bersama Bradley Cooper di Guillermo del Toro’s oleh William Lindsay Gresham, yang dijadwalkan akan dirilis oleh Pictures Searchlight pada bulan Desember 2021. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here