Desa Argosari Kutai Kartanegara – Tribunnewswiki.com

0
15


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Desa Argosari Kutai Kartanegara merupakan salah satu desa yang digunakan sebagai tempat pembuangan para tahanan politik.

Tahanan politik yang dibuang ke sini adalah orang-orang yang diduga memiliki hubungan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sehingga ketika terjadi pembersihan orang-orang Komunis di Indonesia yang dilakukan setelah peristiwa G30S/PKI, tak sedikit orang yang diduga Komunis langsung dibuang ke desa ini.

Awalnya desa ini berbentuk hutan belantara yang luasnya 612 hektare, hingga kemudian para tapol tersebut diminta untuk babat hutan di sini.

Di sini mereka bekerja seperti romusa yang tidak beri bayaran dan berada dalam tekanan moncong senjata para aparat yang berjaga.

Mereka hanya mendapat mendapat ransum nasi dan sayuran. (1)

Baca: Pulau Buru

Tahanan politik yang tinggal di Desa Argosari ini awalnya berjumlah lebih dari 200 kepala keluarga.

Hingga kemudian penghuni di desa ini berkembang menjadi 300 kepala keluarga dan lebih 1.000 jiwa hidup dalam lima RT.

Untuk bisa bertahan hidup, mereka menjadi petani di desa ini. (2)

Maman Sudana, eks Tapol di Balikpapan, kini hidup tenang sambil membuka toko kelontong di desa Argosari, lahan yang dibukanya setelah bebas dari tahanan. Ia sempat merasakan dinginnya tahanan bagi Tapol di tahun 1971-1977.
Maman Sudana, eks Tapol di Balikpapan, kini hidup tenang sambil membuka toko kelontong di desa Argosari, lahan yang dibukanya setelah bebas dari tahanan. Ia sempat merasakan dinginnya tahanan bagi Tapol di tahun 1971-1977. (KOMPAS.com/Dani J)

Baca: Boven Digoel

Desa Argosari ini berada 50 kilometer dari pusat Balikpapan.

Dan secara administratif, desa ini masuk dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan berada di sekitar perbatasan dengan Balikpapan.

Lokasi penahanan Tapol itu berpindah-pindah dari kantor POM TNI, penampungan Sumber Rejo, Pulau Balang hingga terakhir dilokalisir di Argosari.

Mereka ditahan tanpa proses hukum sejak 1970 hingga 1977. (1) (2)

(TribunnewsWiki.com/Bangkit N)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here