Desa Budaya Pampang – Tribunnewswiki.com

0
13


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Desa Budaya Pampang adalah salah satu tempat wisata edukatif dengan nilai sejarah, tradisi dan nilai-nilai budaya dari leluhur yang masih terjaga.

Desa Budaya Pampang didiami oleh beberapa suku seperti suku Dayak Apokayan dan suku Dayak Kenyah sebagai cerminan dari budaya asli Borneo.

Desa Budaya Pampang menyuguhkan berbagai budaya tradisional khususnya dari suku Dayak dengan berbagai tarian adat, keindahan rumah adat dan keramahan masyarakat setempat.

rumah adat pampang
Rumah Adat Suku Dayak di Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang dihuni oleh Suku Dayak Apokayan dan Suku Dayak Kenyah yang pada tahun 1960-an hijrah dari Kutai Barat dan Malinau yang akhirnya menuju ke Pampang. (1)

Kedua suku tersebut berpindah tempat karena tidak ingin bergabung dengan wilayah Malaysia, selama bertahun tahun berpindah tempat akhirnya mereka sampai dan menetap di Pampang.

Baca: Kampung Warna Warni Teluk Seribu

Suku Dayak Apokayan menetap dan mulai melakukan berbagai kegiatan masyarakat, merayakan hari raya keagamaan dan juga panen raya.

Kemudian pada tahun 1991, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjadikan desa Pampang sebagai Desa Budaya Pampang.

Pemerintah melihat bahwa Desa Budaya Pampang ini mempunyai asset wisata unggulan baik di tingkat lokal bahkan juga terkenal sampai mancanegara.

Desa Budaya Pampang setiap tahun menggelar sebuah acara untuk memperingati ulang tahun Desa Pampang atau disebut dengan nama Pelas Tahun.

Baca: Kampung Adat Prai Ijing

Terdapat rumah adat di Desa Budaya Pampang yang terbuat dari kayu Ulin dengan hiasan dan ukiran di setiap dindingnya yang dibentuk sesuai dengan ciri khas Dayak.

Tiang penyangga rumah juga dihiasi dengan ukiran indah, atap rumah terbuat dari kayu Sirap dengan ukiran kokoh di tengah atap dan setiap sudut-sudutnya.

Setiap akhir pekan masyarakat Desa Budaya Pampang mengadakan pertunjukan tarian adat Suku Dayak seperti, Bangen Tawai, Hudoq, Kanjet Anyam Tali, Ajay Pilling, Kancet Lasan, Nyalama Sakai, dan Kancet Punan Lettu.

Para pengunjung juga dapat menyewa pakaian adat khas Suku Dayak yang dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

Baca: Kampung Cai Ranca Upas

Desa Budaya Pampang berlokasi di Desa Pampang, Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. (2)

Akses menuju ke Desa Budaya Pampang ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum (angkot) dengan jarak sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Samarinda.

Pengungjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 yang sudah termasuk dengan menikmati tarian tradisional khas Suku Dayak di rumah adat Suku Dayak, Lamin Adat Pamung Tawai. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here