Desa Wisata Ranupani – Tribunnewswiki.com

0
17



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Desa Wisata Ranupani adalah sebuah desa wisata yang menjadi desa terakhir pendakian Gunung Semeru dan berada di ketinggian 2200 mdpl.

Desa wisata Ranupani mempunyai beberapa tempat wisata yang menjadi pesona dari tempat ini seperti adanya danau Ranu Regulo, Ranupani dan Ranu Kumbolo.

Desa Wisata Ranupani menjadi salah satu dari 50 desa wisata yang terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. (1)

Desa Wisata Ranupani merupakan sebuah desa kecil yang berada di kaki Gunung Semeru, dan dilewati oleh para pendaki dalam perjalanan menuju Ranu Kumbolo. (2)

Penduduk desa kebanyakan adalah keturunan asli masyarakat Jawa, yang para leluhurnya sudah hidup sejak era Kerajaan Majapahit atau dikenal dengan Suku Tengger.

Baca: Desa Wisata Tenganan

Saat berkunjung ke Desa Wisata Ranupani, pengunjung akan merasakan keramahan penduduk desa dan juga pemandangan pegunungan yang menawan.

Desa Wisata Ranupani memiliki danau yang terkenal yang menjadi salah satu tujuan utama para pengunjung seperti, Danau Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranupani. (3)

Terdapat juga sebuah pura kecil bernama Rondo Kuning yang menjadi tempat peribadatan dan perayaan hari raya oleh umat Hindu.

Pura Rondo Kuning juga dapat dikunjungi oleh wisatawan saat tidak digunakan untuk upacara ataupun perayaan hari raya.

Baca: Desa Wisata Malasari

Danau Ranupani dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun dan digunakan oleh para pendaki sebagai tempat peristirahatan dan berkemah sebelum melanjutkan pendakian Gunung Semeru.

Desa Wisata Ranupani berlokasi di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Desa Wisata Ranupani dapat diakses dari Kota Lumajang dengan melewati Alas Burno, dari Kota Malang bisa melewati Pasar Tumpang.

Baca: Desa Wisata Nglanggeran

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun bisa menyewa jeep atau hardtop dari Bromo menuju ke Desa Ranupani.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here