Diduga Ada Kelalaian Penyebab Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Polisi Sita 13 barang Bukti

0
4


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya menyita sejumlah barang bukti dalam kasus kebakaran Blok C2, Lapas Kelas 1 Tangerang pada Rabu (8/9/2021).

Menurut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, barang bukti tersebut diperoleh dari hasil olah TKP yang dilakukan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) dan dari proses penyidikan.

Diketahui, barang bukti tersebut berupa 13 handphone hingga rekaman CCTV.

“Telah dilakukan penyitaan secara hukum berupa 13 buah handphone, rekaman CCTV, gembok dan anak kunci, dan barang bukti lain terkait dengan tindak pidana,” kata Ahmad di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (11/9/2021), mengutip TribunJakarta.

Berdasarkan barang bukti dan keterangan saksi di tingkat penyelidikan, ditemukan dugaan tindak pidana unsur kesengajaan penyebab kebakaran.

Hal itu sebagaimana diatur dalam Pasal 187 dan 188 KUHP.

Kemudian, dugaan tindak pidana unsur kelalaian atau kealpaan sebagaimana diatur dalam pasal 359 KUHP, unsur pasal tersebut yang bakal dipastikan penyidik di tahap penyidikan untuk mencari tersangka.

“Nantinya tentu akan ada tersangka. Tapi saat ini belum menyimpulkan kasus tersebut bisa merupakan kelalaian. Cuman saat ini penyidik sedang mendalami siapa yang lalai sehingga terjadinya kebakaran,” ujar Ahmad.

Dua jenazah narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) korban kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang diserahterimakan kepada keluarga masing-masing, RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021)
Dua jenazah narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) korban kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang diserahterimakan kepada keluarga masing-masing, RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021) (istimewa)

Selain itu, Ahmad menyebut, penyidik Ditkrimun Polda Metro Jaya telah melayangkan surat panggilan kepada 28 saksi yang dilakukan pada Senin (13/9/2021), di antaranya Kalapas Kelas 1 Tangerang.

Penyidik bakal menetapkan tersangka pemicu kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yang mengakibatkan 44 narapidana tewas dan puluhan luka, berdasarkan pemeriksaan saksi, alat dan barang bukti.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here