Ewan McGregor – Tribunnewswiki.com

0
6



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Ewan McGregor adalah seorang aktor asal Skotlandia yang memerankan berbagai film dan mendapatkan banyak penghargaan.

Ewan McGregor memenangkan penghargaan seperti BAFTA Awards pada 2016, Golden Globe Awards pada 2018, dan dinobatkan sebagai orang keempat paling berpengaruh di Inggris oleh BBC tahun 2004.

Ewan McGregor banyak terlibat dalam pekerjaan amal dan menjabat sebagai duta besar untuk UNICEF Inggris sejak 2004, ditunjuk juga sebagai Officer of the Order of the British Empire (OBE) pada 2013.

Di tahun 2021, Ewan McGregor meraih penghargaan Outstanding Lead Actor Emmy Awards 2021 untuk film Halston.

Ewan Gordon McGregor lahir pada 31 Maret 1971, di Perth, Skotlandia, dari pasangan James Charles Stewart dan Carol Diane. (1)

Ayahnya adalah seorang guru pendidikan jasmani dan ibunya adalah seorang pensiunan guru dan wakil kepala sekolah.

Baca: Julianne Nicholson

Ewan Gordon belajar di “Morrison’s Academy” dan kemudian bekerja di “Perth Repertory Theater” dan belajar kursus dasar drama di “Kirkcaldy College of Technology”.

Ewan Gordon kemudian melanjutkan belajar drama di “Guildhall School of Music dan Drama” saat berusia 18 tahun.

Ewan McGregor menikah dengan Eve Mavrakis pada tahun 1995 dan mempunyai empat orang putri, namun pasangan ini berpisah pada 19 Januari 2018.

Baca: Brad Pitt

Ewan McGregor mendapat peran utama di serial “Lipstick on Your Collar”, karya Dennis Potter, pada tahun 1993, kemudian membintangi serial televisi BBC “Scarlet and Black”. (2)

Pada tahun 1994, Ewan dipuji atas penampilannya dalam film thriller berjudul “Shallow Grave”, dan memenangkan penghargaan Empire Awards.

Pada tahun 1996, Ewan mendapatkan terobosan internasional pertamanya di “Trainspotting”, sebuah film adaptasi dari novel dengan judul yang sama.

Baca: Julia Roberts

Ewan McGregor berperan sebagai protagonis di “Little Voice” tahun 1998 dan tahun berikutnya, membintangi film hit “Star Wars trilogy prekuel” pada 1999 dan 2005.

Ewan muncul di film “Moulin Rouge!” bersama Nicole Kidman pada tahun 2001 dan mendapatkan penghargaan Golden Globe Awards untuk Aktor Terbaik-Film Musikal.

Pada tahun 2003, McGregor berperan di “Down with Love”, dan juga muncul dalam film fantasi “Big Fish” di mana dia berperan sebagai Edward Bloom. 

Peran Ewan McGregor dalam drama “Young Adam” bersama Tilda Swinton mendapatkan banyak pujian kritis.

Baca: Scarlett Johansson

Ewan menyuarakan dua film animasi, “Robots” dan “Valiant” pada tahun 2005 bersama Jim Broadbent, John Cleese dan Ricky Gervais. 

Ewan McGregor berperan sebagai lawan main Scarlett Johansson di film thriller aksi dan fiksi ilmiah “The Island” pada tahun 2005

Pada tahun 2007, Ewan membintangi film “Cassandra’s Dream”, dua tahun kemudian muncul di “Amelia” pada 2009. 

Pada 2011, Ewan McGregor muncul di “Salmon Fishing in the Yemen” dan menerima penghargaan Golden Globe Awards sebagai Aktor Terbaik-Film Musikal.

Ewan McGregor juga dianugerahi penghargaan Golden Space Needle SIFF untuk Prestasi Luar Biasa dalam Akting di Festival Film Internasional Seattle 2011 . 

Baca: Emma Watson

Pada 2012, Ewan menjadi anggota Juri Kompetisi Utama di Festival Film Cannes 2012, kemudian di Festival Film Internasional San Sebastián, dianugerahi Penghargaan Prestasi Seumur Hidup Donostia.

Ewan McGregor membintangi “August: Usage County” pada tahun 2013 bersama Meryl Streep dan Julia Roberts.

Pada tahun 2015, McGregor membintangi film komedi aksi “Mortdecai”, bersama dengan Johny Deep dan Paul Bettany.

Ewan McGregor membintangi live action film “Beauty and the Beast” dari Disney sebagai Lumiere yang filmnya dirilis pada Maret 2017.

Baca: Emma Stone

McGregor membintangi karakter dewasa di film “Christopher Robin” pada tahun 2018 yang merupakan adaptasi dari Winnie the Pooh oleh Disney.

Pada tahun 2019, Ewan berperan sebagai Danny Torrance di film “Doctor Sleep”, film adaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama. 

Ewan McGregor muncul di film “Birds of Prey” dari Warner Bros DC Comics pada tahun 2020 sebagai penjahat Romawi Sionis atau Black Mask.

McGregor akan kembali berperan dalam serial televisi New Star Wars sebagai Obi Wan Kenobi yang akan dirilis oleh Disney+ pada tahun 2022.

Baca: Disney+

Ewan McGregor berperan sebagai perancang busana Amerika Halston berdasarkan biografi Simply Halston dalam miniseri “Eponimously” untuk Netflix pada tahun 2021. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here