FDA Sarankan Masyarakat Cegah Covid-19 Lewat Vaksinasi, Bukan Pakai Ivermectin

0
14



Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MARYLANDIvermectin yang selama ini dikenal sebagai obat anti-parasit dan sering digunakan pada hewan, mengalami pergeseran penggunaan di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Karena terjadi peningkatan tajam dalam pemberian resepnya saat pasien mencari pengobatan alternatif untuk menangani virus tersebut.

Para ahli menyarankan agar para dokter memberikan beberapa informasi penting kepada pasien, jika mereka tetap ingin menggunakan obat ini.

Seperti yang disampaikan Ahli Penyakit Menular sekaligus Direktur Kantor Penyakit Menular Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) Dr. John Farley.

“Jika mereka terinfeksi dan memenuhi syarat untuk antibodi monoklonal, maka harus dirawat,” kata Dr. Farley, di Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat.

Baca juga: Pejabat Senior di FDA Mendadak Mundur, Tak Sejalan dengan Gedung Putih Soal Dosis Booster

Dikutip dari laman ama-assn.org, Selasa (21/9/2021), FDA belum menyetujui atau mengesahkan obat ivermectin untuk Covid-19.

Baca juga: Pentagon Perintahkan Vaksinasi Semua Personel Militer, Usai FDA Keluarkan Izin Vaksin Pfizer

Sedangkan lembaga federal lainnya telah memperingatkan penggunaannya dalam upaya pencegahan dan pengobatan virus tersebut.

Dalam sebuah episode ‘AMA Covid-19 Update’, Dr. Farley membahas masalah keamanan obat ini, potensi efek sampingnya, dan peran penting dokter dalam membimbing mereka yang tidak atau belum divaksinasi untuk mendapatkan pilihan alternatif yang lebih baik.

Perlu diketahui Asosiasi Medis Amerika (AMA) telah bergabung dengan organisasi lainnya dalam menentang pemesanan, peresepan atau pengeluaran ivermectin untuk pemanfaatannya dalam mencegah atau mengobati Covid-19 di luar uji klinis.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here