Fitur Baru Pedulilindungi untuk WNA dan WNI Dapatkan Vaksin di Luar Negeri, Begini Cara Daftarnya

0
12


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pemerintah meluncurkan fitur baru dalam aplikasi PeduliLindungi, untuk mengakomodasi Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang mendapatkan vaksin Covid-19 di luar negeri.

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji menjelaskan, fitur ini bertujuan untuk mempermudah WNA dan WNI yang mendapat vaksin Covid-19 di luar negeri dengan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Selama ini, aplikasi PeduliLindungi hanya bisa memuat sertifikat vaksin yang tersedia di Indonesia.

Terlebih, aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat masuk di sebagian besar tempat umum dan syarat perjalanan.

“WNI dan WNA bisa mengakses PeduliLindungi walaupun sertifikat vaksinnya bukan diperoleh di Indonesia, ini dalam rangka memudahkan verifikasi,” kata Setiaji, Selasa (14/9/2021), dikutip dari Kompas.com.

Bagi WNA dan WNI yang ingin mendaftar ke aplikasi PeduliLindungi, bisa mengakses laman vaksinln.dto.kemkes.go.id, dengan mengajukan verifikasi terlebih dahulu.

Mereka akan diminta membuat akun dengan mengisi sejumlah data pribadi, mulai dari nama, alamat e-mail, nomor ponsel, nomor prefix negara (nomor awalan negara), dan password.

Kemudian, pengguna akan diminta log-in untuk memulai proses.

Fitur dalam aplikasi PeduliLindungi.
Fitur dalam aplikasi PeduliLindungi. (Google Play Kementerian Kominfo)

Setelah isi formulir yang mencakup data individu, foto identitas, data vaksinasi, dan foto kartu vaksinasil, data pendaftar akan diverifikasi.

Untuk WNI, verifikasi akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here