Gillian Anderson – Tribunnewswiki.com

0
15



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Gillian Anderson adalah seorang aktris yang berasal dari London yang menerima berbagai penghargaan atas perannya.

Gillian Anderson berhasil memenangkan dua Primetime Emmy Awards, dua Golden Globe Awards dan empat Screen Actors Guild Awards.

Sebagai jasanya dalam drama, Gillian Anderson diangkat sebagai Perwira Kehormatan Order of the British Empire (OBE) pada tahun 2016.

Gillian Anderson lahir pada 9 Agustus 1968 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dari pasangan Rosemary Alyce dan Homer Edward Andeson III. (1)

Gillian merupakan seorang keturunan Inggris, Jerman dan juga Irlandia, dimana orang tuanya pindah ke London setelah dia lahir.

Baca: Chris Hemsworth

Anderson bersekolah di Coleridge Primary School dan melanjutkan bersekolah di Fountain Elementary dan City High-Middle School.

Saat berusia 14 tahun, Anderson pernah menjalani terapi karena dia sering menggunakan narkoba, berpacaran dan memakai tindik serta berpenampilan seperti anak punk.

Gillian Anderson meraih gelar Bachelor of Fine Arts di Sekolah Teater Goodman di Universitas DePaul, Chicago pada tahun 1990.

Gillian menikah dengan Clyde Klotz pada awal tahun 1994 dan memiliki seorang putri, namun dia dan Clyde harus berpisah pada tahun 1997.

Baca: Angelina Jolie

Kemudian pada 29 Desember 2004, Anderson menikah dengan Julian Ozanne namun pernikahan ini juga berakhir pada 21 April 2006.

Gillian Anderson mempunyai dua orang anak dari hubungannya bersama pengusaha Mark Griffiths dan hubungan ini berakhir pada tahun 2012.

Gillian Anderson muncul di drama Absent Friends, memenangkan Theatre World Award tahun 1991, dan The Philanthropist di Teater Long Wharf di New Haven, Connecticut. (2)

Gillian mendapatkan peran utama pertamanya, memerankan Dana Scully, dalam film The X-Files: Fight the Future tahun 1998 dan The X-Files: I Want to Believe , dirilis pada 2008.

Baca: Emma Stone

Anderson dipuji karena perannya sebagai Lily Bart dalam film The House of Mirth (2000), adaptasi dari novel Edith Wharton. 

Gillian juga berperan dalam drama The Mighty Celt (2005),The Last King of Scotland (2006), dan Johnny English Reborn (2011). 

Pada 2017 Gillian Anderson membintangi drama sejarah Viceroy’s House and Crooked House dan berperan dalam The Spy Who Dumped Me (2018).

Anderson juga mengambil peran dalam beberapa miniseri di televisi Inggris seperti Bleak House (2005), Any Human Heart (2010), dan Great Expectations (2011).

Baca: Brad Pitt

Pada tahun 2013, Gillian berperan sebagai detektif dalam drama kriminal The Fall dan juga di serial Amerika Hannibal (2013-2015). 

Pada tahun 2016, Gillian Anderson berperan dalam adaptasi televise Leo Tolstoy’s  War and Peace dan miniseri X-Files dalam enam bagian . 

Anderson juga muncul di American Gods pada tahun 2017 dan memerankan seorang terapis di Sex Education pada tahun 2019.

Pada Februari 2019 sampai Mei 2019, Anderson berperan dalam produksi panggung All About Eve di Noel Coward Theatre.

Baca: Scarlett Johansson

Gillian Anderson juga memerankan mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher di musim keempat dalam seri The Crown dari Netflix. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here