Jadi Syarat Perjalanan Internasional, Ini Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

0
16


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Selama masa PPKM, masyarakat diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan juga menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 untuk melakukan perjalanan jarak dekat hingga jarak jauh di dalam negeri (pesawat, bus, kereta api).

Kartu vaksin Covid-19 yang ditunjukkan minimal adalah dosis pertama.

Tidak hanya menjadi syarat perjalanan seluruh mode transportasi, sertifikat vaksin Covid-19 kini menjadi syarat masuk ke pusat perbelanjaan dan beberapa tempat lainnya.

Kini aplikasi PeduliLindungi jadi syarat perjalanan internasional.

Baca: Coldplay Ajak Jokowi Komitmen untuk Perbaikan Iklim di Indonesia

Dikutip dari Kompas.com, Juru Bicara Satgas Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pihaknya membuat keputusan terkait syarat perjalanan internasional dengan menambahkan ketentuan bagi pelaku perjalanan serta operator moda transportasi untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“SE No.18/2021 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Internasional ini berubah sangat dinamis menyesuaikan perkembangan pandemi,” ujar Wiku dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Wiku menjelaskan, ada tiga hal dalam ketentuan tersebut.

Pertama, setiap pelaku perjalanan internasional wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan internasional masuk ke wilayah Indonesia.

Kedua, setiap operator moda transportasi di titik pintu masuk perjalanan internasional diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Dan yang terakhir, pengawasan kekarantinaan kesehatan kapal kargo dan awak kapal mengikuti peraturan lebih spesifik dan teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui pemantauan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masing-masing pintu masuk perjalanan internasional.

MSC Grandiosa, salah satu kapal milik MSC Cruises.
MSC Grandiosa, salah satu kapal milik MSC Cruises. (Flickr/ Wessel Blokzijl)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here