Jaga Pola Makan Sehat untuk Hidup Lebih Aman Bersama Covid-19

0
5



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Selain terus memakai masker dan melengkapi vaksinasi, proteksi diri dari paparan virus juga dapat dilakukan dengan cara gaya hidup sehat. Di antaranya, memperhatikan pola makanan yang dikonsumsi.

Pola makan yang baik akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit, termasuk risiko terinfeksi virus Covid-19.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Dr. Elvina Karyadi, MSc., PhD, SpGK menyatakan, asupan gizi yang sesuai kebutuhan dan tepat diperlukan agar semua sel dalam tubuh, termasuk seluruh sel dalam sistem kekebalan tubuh (imunitas) dapat berfungsi secara optimal.

Gizi yang optimal dapat mendukung fungsi sel imun untuk memberikan respons efektif terhadap patogen dan memberi respons cepat yang dibutuhkan saat terjadi infeksi/inflamasi.

Baca juga: Bukan Cuma Bumbu Dapur, Ketahui Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Dalam webinar Online Dietary Quality, Protein Intake and Noncommunicable Disease pada Sabtu (11/9/2021), Elvina mengatakan kekurangan gizi akan merusak fungsi kekebalan tubuh sebagai akibat dari kekurangan asupan makanan.

Tingkat kerusakan yang dihasilkan akan tergantung pada tingkat keparahan defisiensi, adanya infeksi, interaksi zat gizi, dan usia individu.

Dengan demikian, kualitas diet yang baik dapat secara efektif membantu penyembuhan inflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh individu.

Baca juga: Hindari Melipat Bantal yang Sudah Kempis, Ini Risikonya bagi Kesehatan

Sementara itu, Dokter Spesialis Gizi dr. Annta Kern Nugrohowati, M.Si., Sp.GK. menjelaskan bahwa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manusia memerlukan mineral, vitamin, sumber energi, protein, juga lemak.

Menurutnya, pemerintah telah mencanangkan pola gizi seimbang secara umum, yakni karbohidrat 34 porsi, sayur buah 57 porsi, serta lauk 24 porsi per hari.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here