Kabupaten Kaur – Tribunnewswiki.com

0
14


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Kaur adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Bengkulu, Indonesia.

Terletak sekitar 250 km dari kota Bengkulu, Kaur mempunyai luas sebesar 2.369,00 km⊃2; dan dihuni sedikitnya 135.200 jiwa.

Masyarakat kabupaten Kaur banyak bekerja di sektor pertanian, perdagangan, perkebunan, dan perikanan.

Kabupaten Kaur dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2003 pada tahun 2003 bersamaan dengan pembentukan kabupaten Seluma dan Mukomuko.

Kaur sebelumnya merupakan bagian dari kabupaten Bengkulu Selatan.

Kabupaten Kaur
Kabupaten Kaur

Baca: Kabupaten Kuantan Singingi

Secara astronomis, Kabupaten Kaur terletak antara 103°4’8,76″ – 103°46’50,12″ Bujur Timur dan 4°15’8,21″ – 4°55’27,77″ Lintang Selatan.

Wilayah kabupaten ini berada paling selatan dari wilayah Provinsi Bengkulu, berbatasan dengan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung.

Baca: Kabupaten Rokan Hulu

Kaur sejak tahun 2005 mulai memproduksi fermentasi alami minyak kelapa sawit yang diekspor ke luar negeri, pertanian (swasembada), batubara, pasir besi, batu, dan pasir tambang, karet, cengkih, lada, kopra, palawija (kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar yang cukup luas), jahe gajah, perikanan laut, perikanan air tawar, lobster, dan lain-lain.

Kabupaten ini sedang merencanakan peningkatan mutu kualitas wilayahnya.

Pemkab Kaur berencana membuat saluran irigasi yang juga terletak di kecamatan Kaur Utara, yang nantinya mampu mengairi lahan sawah hingga 8.000 hektare.

Selain itu, pembuatan jalan tembus sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan wilayah Kaur Utara hingga perbatasan provinsi Lampung, juga sedang diupayakan.

Baca: Kabupaten Rokan Hilir

ilayah kabupaten Kaur yang berada di tepi laut, sehingga wisata pantai banyak terdapat di kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Lampung ini. Beberapa pantai yang ada di Kaur ialah;

Pantai Linau. Objek wisata ini terdapat di Maje. Pantai ini sangat indah dengan pemandangan di sekitarnya dikelilingi hutan yang masih sangat alami. Sangat baik untuk mandi di pantai ini. Selain airnya yang jernih, airnya juga sejuk, sehingga membuat kita tidak mudah melupakan momen ini dan akan selalu ingin kembali mengunjunginya.

Pantai Way Hawang. Terletak tepat di desa wayhawang kec. Maje.

Pantai Manungla. Pantai yang terletak di Nasal. Pantai berbentuk seperti pulau kecil yang ditumbuhi rumput.

Pantai Bunga Karang. Pantai Bunga Karang ini terletak di Maje.

Pantai Sekunyit. Pantai yang terletak di desa sekunyit, dan pantai ini memiliki terumbu karang di sekitar pinggir-pinggir pantai

Beberapa wisata air terjun juga terdapat di kabupaten Kaur, yakni:

Air Terjun Nunung. Air terjun ini berada di Muara Sahung.

Air Terjun Tiga Panggung. Air Terjun Tiga Panggung ini terletak di Muara Sahung.

Air Terjun Curug Perpah. Air terjun yang terletak di Nasal.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here