Kacang Kastanye (Chesnut) – Tribunnewswiki.com

0
3


TRIBUNNEWSWIKI.COMKacang kastanye atau disebut juga chesnut, merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kulit yang lebih tebal dan rasa yang lebih manis dari jenis kacang lainnya.

Namun, jika kacang tersebut dipanggang, akan memiliki tekstur yang kenyal dan renyah.

Kacang yang berasal dari genus Castanea ini, cangkangnya terbilang cukup sulit untuk dibuka.

Kacang ini berasal dari cupak biji berduri tajam yang dihasilkan pohon tersebut chesnut.

Selain itu, kacang tersebut juga memiliki isi yang lebih besar daripada kacang pada umumnya. (1)

Kacang kastanye diketahui telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun silam.

Kacang kastanye ini dapat diolah dengan cara merebus, memanggang atau mengukusnya.

Tidak seperti kacang-kacangan lainnya, chesnut ini cenderung rendah lemak dan kalori.

Selain itu, kacang kastanye juga mengandung banyak nutrisi penting yang baik bagi tubuh, seperti vitamin dan mineral. (2)

chesnut1
Ilustrasi kacang kastanye atau chesnut

Baca: Es Kacang Merah

Melansir BBC goodfood, berikut ini beberapa langkah untuk membuka chesnut.

1. Mengupas cangkang chesnut

CHesnut dapat dikupas dengan cara memanaskannya dalam oven hingga suhu 180 derajat Celcius.

Letakkan chestnut pada sisi yang rata dan dengan pisau, buat irisan panjang melintang pada cangkang.

2. Panggang selama 30 menit

Jika permukaan cangkang chestnut sudah sedikit dipotong maka letakan pada panganngan.

Panggang dalam oven selama sekitar 30 menit atau sampai kulitnya terbuka.

Kacang ini akan sangat panas, jadi biarkan di dalam loyang jika sudah matang.

3. Dinginkan dan lepaskan cangkangnya

Setelah cukup dingin untuk dipegang, kupas cangkang chestnut.

Lalu keluarkan selaput cokelat bagian dalam kacang dan bersihkan. Sajikan segera atau sisihkan utntuk ditambahkan ke masakan.

Chestnut yang dipanggang dalam oven adalah cara terbaik untuk mengeluarkan rasa khas dari kacang ini.

Selain dipanggang, chestnut juga bisa direbus untuk memberikan tekstur yang halus untuk dimasak dalam sup. (1)

Baca: Kacang Kola

Berikut ini kandungan dalam kacang kastanye spesies European chestnut rebus atau kukus untuk setiap 100 gramnya:

Kalori: 131

Karbohidrat: 27,8 gram

Protein: 2 gram

Lemak: 1,4 gram

Vitamin C: 44 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian

Vitamin B1: 10 persen dari AKG harian

Vitamin B6: 12 persen dari AKG harian

Folat: 10 persen dari AKG harian

Zat besi: 10 persen dari AKG harian

Magnesium: 14 persen dari AKG harian

Kalium: 20 persen dari AKG harian

Tembaga: 24 persen dari AKG harian

Mangan: 43 persen dari AKG harian

Fosfor: 10 persen dari AKG harian

Chestnut kaya akan vitamin C yang membuatnya berbeda dari jenis kacang lainnya.

Selain itu, dalam sebutir kacang kastanye ini, terdapat kandungan serat yang tinggi, aneka mineral, lemak baik, dan senyawa antioksidan yang baik bagi kesehatan. (2)

Baca: Kacang Mete

Kacang kastanye atau chesnut memiliki segudang manfaat bagi tubuh, seperti berikut ini.

1. Memelihara kesehatan jantung

Menurut penelitian, kacang kastanye mengandung antioksidan serta mineral seperti kalium dan magnesium. Nutrisi-nutrisi tersebut berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kalium juga dikaitkan dengan pengendalian tekanan darah, indikator kesehatan yang berefek pada jantung.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Chesnut mengandung banyak serat, yang membantu menyehatkan pencernaan dengan menopang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Serta juga membantu agar buang air besar lancar.

3. Mengendalikan gula darah

Chesnut juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Konsumsi serat yang tinggi dapat memperlambat penyerapan gula dan mencegah kelebihan lonjakan gula darah.

Selain itu, kacang kastanye memiliki indeks glemik rendah yaitu di angka 54.

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah cenderung tidak berefek pada perubahan kadar gula darah secara berlebihan.

4. Aman untuk penderita penyakit celiac

Chesnut yang bebas gluten ini, dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita celiac.

Celiac adalah penyakit autoimun yang gejalanya muncul akibat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gluten.

Celiac dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat menimbulkan komplikasi serius jika tidak segera diobati.

5. Tinggi vitamin C

Chesnut mengandung vitamin C yang tinggi. Setengah cup kacang kastanye mentah bahkan sudah mencukupi kebutuhan tubuh hingga 34-45 persen.

Kadar vitamin C dalam chestnut dapat menurun jika diolah dengan direbus atau dipanggang.

Agar penurunan kadar tersebut dapat diminimalkan, bisa memanggang kacang kastanye dengan temperatur yang tak terlalu tinggi.

6. Meningkatkan kinerja otak

Chestnut atau kacang kastanye mengandung beberapa jenis vitamin B, termasuk folat (vitamin B9) dan tiamin (vitamin B1).

Vitamin-vitamin B tersebut dikaitkan langsung dengan perkembangan dan fungsi otak.

Kalium dalam chestnut juga membantu melancarkan aliran darah menuju otak dan menjaga kesehatan sistem saraf sehingga dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang kastanye kaya dengan vitamin C. Vitamin C sudah lama dikaitkan dengan peningkatan kinerja imun.

Mineral dalam chestnut, seperti tembaga, juga berpotensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Melindungi sel-sel tubuh

Sebagai produk nabati, kacang kastanye mengandung tinggi zat antioksidan.

Antioksidan berperan penting untuk tubuh karena membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat aktivitas radikal bebas. (2)

Baca: Kacang Almond

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Anindya)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here