Kampung Warna Warni Teluk Seribu

0
16


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Kampung Warna Warni Teluk Seribu adalah sebuah perkampungan yang di cat dengan penuh warna dan juga lukisan tiga dimensi sebagai daya tarik wisata.

Kampung nelayan Manggar Baru di Balikpapan Timur disulap menjadi kampung yang penuh warna dengan berbagai lukisan yang unik.

Kampung Warna Warni Teluk Seribu di cat oleh penduduk sekitar, melibatkan para sukarelawan dari komunitas dan instansi di Balikpapan.

warna warni teluk seribu
Salah satu pelukis yang sedang melukis tembok di Kampung Warna Warni Teluk Seribu

Kampung Warna Warni Teluk Seribu terdiri dari 236 unit rumah kayu yang semuanya di cat mulai dari dinding, atap rumah, gang-gang, lantai jalan bahkan jembatan masuk ke kawasan ini. (1)

Pemerintah mengemas kampung tersebut menjadi kampung warna warni untuk menyambut dan menarik para wisatawan yang ingin berkunjung ke Teluk Seribu.

Baca: Kampung Atas Kopi

Pemerintah membawa perusahaan cat Avian Paint yang menyumbangkan ribuan liter cat untuk memfasilitasi dan mengubah suasana kampung tersebut menjadi lebih berwarna dan ceria.

Penduduk sekitar, dan ratusan sukarelawan dari komunitas dan instansi ikut membantu untuk memperindah kampung nelayan di Manggar Baru tersebut.

Bahkan belasan pelukis professional Balikpapan juga menjadi relawan untuk menggambar media pagar ratusan meter di gang utama menuju dermaga.

Sebelumnya masyarakat sudah membentuk Pokdarwis Teluk Seribu yang menawarkan keindahan wisata mangrove sepanjang sungai.

Baca: Kampung Adat Prai Ijing

Pemerintah juga sebelumnya mengembangkan potensi wisata dengan membangun Mangrove Center di Sungai Somber dan sebuah hutan mangrove kecil di SMA Negeri 8 Balikpapan.

Selain kampung warna warni dan hutan mangrove, terdapat juga wisata pantai dan juga hutan wisata yang menjadi bentang alam bagi destinasi wisata Balikpapan.

Kampung Warna Warni Teluk Seribu diresmikan oleh Pemerintah sebagai salah satu tempat wisata di Balikpapan pada 28 Februari 2017.

Baca: Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Warna Warni Teluk Seribu berlokasi di Teluk Seribu, Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur. (2)

Para wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk dapat memasuki area Kampung Warna Warni Teluk Seribu.

Baca: Kampung Biru Arema

Kampung Warna Warni Teluk Seribu dibuka untuk para wisatawan pada pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00 sesuai dengan zona waktu Indonesia bagian tengah. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here