Kapolri Terbitkan Surat Telegram: Minta Pengamanan ke Presiden Jokowi Bersikap Humanis saat Ada Demo

0
4


TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Pembenahan institusi dan perubahan dalam bertindak terus dilakukan kepolisian republik Indonesia. Termasuk dalam melakukan pengamanan kepada Presiden Joko Widodo.

Terkait hal ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta anggota dan jajarannya untuk tidak bersikap reaktif saat menyikapi penyampaian aspirasi masyarakat.

Instruksi ini disampaikan oleh Sigit melalui surat telegram kepada jajarannya.

Baca juga: Wali Kota Bitung Maurits Mantiri Berterima Kasih atas Informasi di Akun Instagram

Baca juga: AJI Manado Kecam Penyebar Foto dan Identitas Anak Korban Kekerasan Ayah Kandung

Telegram itu tertuang dalam Nomor STR 862/IX/PAM.III/2021 yang ditandatangani langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Adapun telegram ini merespons tindakan anggotanya saat pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke sejumlah daerah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono (KOMPAS.com/Devina Halim)

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyampaikan ada sejumlah kasus yang telah menjadi sorotan lantaran anggotanya dianggap bersikap reaktif saat mengamankan warga yang mengkritik ketika rombongan Presiden lewat poster ataupun spanduk.

Adapun kasus yang menjadi sorotan dimulai dari pengamanan peternak telur di Blitar hingga pengamanan mahasiswa Universitas Negeri Solo saat membentangkan poster berisikan kritik ketika presiden Jokowi melintas.

Karena itu, surat telegram tersebut berisikan pedoman kepada jajarannya agar tidak mudah bersikap reaktif terhadap pengkritik Jokowi.

Setidaknya ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

“Pertama, setiap pengamanan kunjungan kerja agar dilakukan secara humanis dan tidak terlalu reaktif,” kata Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/9/2021).



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here