Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Komnas HAM Sebut Bangunan Lapas Tak Layak dan Tak Manusiawi

0
6


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam memberikan pernyataan tentang bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar, Rabu (8/9/2021).

Ia menyebut bangunan tersebut memang tidak manusiawi dan tidak layak dari segi keamanan.

Choirul menyatakan hal tersebut setelah mengunjungi langsung lapas pada Kamis (9/9/2021) dan membandingkan Blok C II yang terbakar dengan blok lain yang serupa, tetapi masih utuh.

“Dari segi bangunan tidak layak, tidak manusiawi. Tidak layak dari segi keamanan. Keamanan bagi napinya maupun keamanan bagi petugasnya. Oleh karena itu, memang harus didaur ulang itu bangunan,” kata Choirul mengutip Kompas.com.

Berdasarkan kunjungannya itu, Choirul mendapatkan sejumlah temuan yang membuatnya menilai bangunan itu tak layak.

Pertama, dari segi keamanan, setiap blok dalam lapas ternyata hanya memiliki satu pintu keluar dan masuk.

“Ini juga diceritakan oleh Pak Kalapas, pintu keluar masuknya itu hanya satu. Sehingga kalau ada kejadian-kejadian begini ya enggak bisa, memang susah evakuasinya, karena pintunya cuma satu. Itu baru blok ya, belum koridor-koridor,” tuturnya.

Menurut Choirul, salah satu faktor mudahnya api menyebar dengan cepat saat kebakaran adalah umur bangunan lapas yang sudah tua.

Kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten sekitar pukul 02.00, Rabu (08/09/2021) pagi.
Kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten sekitar pukul 02.00, Rabu (08/09/2021) pagi. (Kompas TV)

Baca: Penyebab Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Diduga Ada Kelalaian, Polisi Sita 13 Barang Bukti

Baca: Kasus Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Polri Duga Ada Unsur Kelalaian

Selain itu, ia menyebut atap bangunan lapas bahkan masih berupa triplek, kayu dan bukan cor seperti Lapas Cipinang.

“Sehingga kalau sekali ada api, ya habis dan ini terlihat dari sisa-sisa yang ada di sana. Bangunan ini sudah tua, dan bukan hanya di blok ini saja, di blok lain juga kelihatan. Jadi kami ngecek lokasi yang sudah terbakar dan lokasi yang sama, sejenis di C I itu masih utuh,” ungkapnya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here