Kepala Perwakilan FAO Rajendra Aryal Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Menlu RI

0
3



Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Perwakilan Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) baru Rajendra Aryal menyerahkan surat kepercayaan (credential letter) kepada Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut berlangsung secara virtual di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Pada pertemuan itu, Menlu Retno menyoroti ketahanan Indonesia di sektor pertanian.

Hal ini ditunjukkan dengan Pertumbuhan Produk Domestik (PDB) yang meningkat 2,19% year-on-year di tengah terjadi perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Dengan kedatangan kepala perwakilan yang baru, Retno berharap FAO akan terus mendukung pembangunan pertanian di Indonesia dengan fokus pada bidang-bidang strategis.

“Bidang-bidang strategis seperti peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi konsumsi pangan pokok, penguatan cadangan pangan dan sistem logistik, pengembangan pertanian modern dan promosi tenaga ahli pertanian” ujar Menlu.

Baca juga: Menlu: Indonesia Salah Satu Negara yang Alami Tren Penurunan Kasus

Sementara itu, FAO menegaskan komitmennya kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan kerjasama yang lebih erat pada sistem pangan yang berkelanjutan di Indonesia.

Kepala Perwakilan FAO, Aryal mengakui pencapaian Indonesia dan menegaskan kembali komitmen FAO untuk memberikan lebih banyak dukungan dalam upaya teru menerus untuk melakukan transformasi sistem pangan Indonesia menjadi lebih berkelanjutan.

Menurutnya pemerintah Indonesia telah menunjukkan upaya luar biasa untuk mengatasi dampak negatif pandemi terhadap kehidupan masyarakat.

Baca juga: Indonesia Terima 358.700 Dosis Vaksin dari Prancis Hari Ini, Menlu Sampaikan Terima Kasih



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here