Keren, UIN Walisongo Semarang Pertahankan Runner Up Kampus Hijau Tingkat Dunia

0
273
Kampus Hijau UIN Walisongo yang mampu pertahankan gelar tingkat dunia. (Foto inet)

Semarang, aboutsemarang,- UIN Walisongo Semarang berhasil mempertahankan peringkat 2 untuk kategori Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang diselenggarakan UIGreenMetric World University Rangking yang mengumumkan rangking dunia untuk universitas-universitas berkelanjutan. Selain peringkat 2 PTKI, di tahun 2020, UIN juga menempati rangking 384 dunia dan rangking 32 nasional.

“Dengan komitmen yang tinggi dan kerja keras yang terus menerus tanpa lelah. UIN Walisongo mampu menaikan point secara signifikan, sehingga mampu mempertahankan peringkat 2 kampus hijau tingkat PTKI, bahkan secara nasional kita naik satu peringkat dari tahun lalu menjadi 32 dari 88 universitas yang berpartisipasi,” ujar  Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag seperti dikutip suara merdeka.

Pada tahun 2020 ini, universitas yang ikut serta sebanyak 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia, baik di Asia, Eropa, Amerika, Australia, dan Afrika. Jumlah universitas yang ikut serta meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 780 universitas di seluruh dunia.

“Jumlah partisipan yang terus meningkat ini menunjukkan bahwa kesadaran universitas untuk mengelola kampusnya secara berkelanjutan terus meningkat, karena pemeringkatan ini merupakan bagian dari upaya menilai pengelolaan universitas-universitas di dunia dalam kaitannya dengan menjalankan prinpsip-prinsip pembangunan berkelanjutan,” papar Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc, selaku Chairperson UIGreenMetric World University Ranking.

Ditambahkan Prof. Riri, Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan penilaian secara komprehensip terhadap 6 indikator dan 39 aspek yang mencerminkan bagaimana kampus dikelola secara berkelanjutan, yaitu setting and infrastructure (SI), Energy and Climate Change (EC), Waste (WS), Water (WR), Transportation (TR), Education and Research (ED).

Diketahui, universitas ranking 5 besar dunia ditempati Wageningen University University of Oxford, Nottingham University, Nottingham Trent University. Sedangkan untuk 5 ranking universitas di Indonesia ditempati oleh Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, IPB University, dan ITS Surabaya. (Ard-smg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here