Koalisi Save BPK Prediksi Akan Ada Banyak Gugatan atas Terpilihnya Nyoman Adhi Suryadnyana

0
8



Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKoalisi Save BPK menanggapi soal terpilihnya Nyoman Adhi Suryadnyana sebagai anggota BPK RI usai meraih voting terbanyak di Komisi XI.

Menurut Tim Informasi Koalisi Save BPK Prasetyo, langkah Nyoman tak akan mulus meski sudah terpilih sebagai anggota BPK RI.

Baca juga: Komisi XI Sebut Nasib Anggota BPK Terpilih Nyoman Adhi akan Ditentukan di Rapat Paripurna

“Kami memprediksi akan banyak gugatan terhadap hasil pemilihan calon anggota BPK yang memenangkan calon tidak memenuhi kriteria atau syarat formal dan akan masif,” kata Prasetyo dalam pesan yang diterima Tribunnews, Minggu (12/9/2021).

Dia pun merinci sampai saat ini, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) yang tampaknya siap melayangkan gugatan ke PTUN.

“Juga akan ada gugatan PTUN yang akan dilakukan oleh kelompok masyarakat sipil lainnya,” katanya

Sebelum melayangkan gugatan, Prasetyo mengatakan pihaknya telah berkali-kali mengingatkan Komisi XI DPR.

Baca juga: MAKI Gugat Terpilihnya Nyoman Adhi Sebagai Anggota BPK ke PTUN

“Tapi tidak didengar. Kali ini, kami berharap kepada Presiden Jokowi untuk memperhatikan polemik ini. Sebab berdasarkan ketentuan UU, Presidenlah yang akan meresmikan Anggota BPK terpilih melalui Keppres,” katanya

“Kami berharap Presiden tidak menandatangani Keppres, dan mengembalikannya kepada DPR. Kami yakin Presiden akan lebih bijak dan arif memandang persoalan ini, karena terkait dengan UU,” ujarnya.

Diketahui, Nyoman Adhi Suryadnyana meraih suara terbanyak dari Anggota Komisi XI dalam pengambilan keputusan melalui voting dengan 44 suara, lalu kemudian disusul Dadang Suwarna dengan 12 suara.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here