Kreativitas Anak-Anak Terlihat Saat Diberikan Kebebasan Mengekspresikan Diri

0
17



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berbicara tentang media penyaluran kreativitas dan imajinasi dapat dituangkan di media apapun, apalagi untuk anak-anak dalam periode emas.

Apalagi saat periode ini otak dan fisik anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Kreativitas anak-anak akan terlihat saat mereka diberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri.

Menurut Bernadette Duffy, seorang praktisi pembelajaran anak usia dini, dengan mendukung dan mengasah kreativitas dan imajinasi anak, orang tua akan mendukung kemampuan anak-anak untuk mengeksplorasi dan mengerti dunia mereka .

“Anak-anak pada usia dini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang segala hal yang mereka lihat.

Baca juga: Kreatifitas Bank Sampah Rukun Santoso di Klaten Olah Sampah, Lingkungan Bersih, Untung Diraih

Dengan kreativitas dan imajinasi, anak-anak dapat mengkomunikasikan perasaan dan pola pikir mereka, terutama melalui lukisan atau gambar yang mereka buat,” kata Bernadette.

Beberapa media yang bisa digunakan seperti kertas, buku tulis, buku gambar, kanvas lukis dan bahkan tembok dalam rumah.

Mencoret-coret tembok merupakan hal yang lumrah terjadi pada anak-anak, walaupun banyak yang dikhawatirkan orang tua ketika anak-anak mereka mencoret-coret tembok, seperti faktor kebersihan tembok yang mengandung banyak kuman dan virus.

“Dengan dukungan dari orang tua dan cat tembok yang tepat, hal ini dapat diatasi demi mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak-anak, serta memberikan mereka ruang gerak lebih bebas di masa pandemi ini,” katanya.

Pandangan ini diamini Dulux, sebuah brand cat tembok dari AkzoNobel yang menyadari pentingnya mengekspresikan kreativitas dan imajinasi anak di masa pandemi ini.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here