Lonjakan Kasus Covid-19 Kedua Bisa Ditekan, Ini Strategi Penanganan yang Dilakukan Pemerintah

0
6



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan strategi pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia selama lonjakan kasus kedua pada pertengahan Juli 2021 yang berhasil ditekan dengan maksimal hingga saat ini.

Hal ini disampaikan Wiku dalam keterangan pers yang ditayangkan di kanal YouTube Kompas TV, Selasa (14/9/2021).

Wiku memaparkan bahwa per minggu ini, laju kasus nasional telah konsisten mengalami penurunan selama delapan minggu berturut-turut. Kasus di minggu ini telah turun 88,9 persen dibandingkan dengan puncak kedua.

Bahkan, jumlah kasus minggu ini lebih rendah dibandingkan puncak pertama dan mendekati titik kasus terendah pada 10 Mei 2021 lalu.

“Penekanan kasus ini tercapai karena kerja sama pemerintah yang bergerak cepat menyusun kebijakan dan seluruh lapisan masyarkaat yang kooperatif dalam menerapkan disliplin,” kata Wiku, seperti dikutip TribunnewsWiki.

Wiku memaparkan bahwa langkah-langkah yang diambil adalah begitu kasus meningkat, pemerintah langsung menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dilanjutkan dengan pembatasan lebih ketat atau PPKM level 1-4 yang dilaksanakan pada 26 Juli 2021 hingga saat ini.

Wiku menerangkan pemerintah juga mengatur perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Kebijakan itu dievaluasi setiap minggunya melalui rapat koordinasi rutin pusat dan daerah.

Baca: Wiku Adisasmito

Baca: Satgas: Covid-19 Akan Tetap Hidup Bersamaan dengan Kita, Tidak Akan Hilang Sepenuhnya

Lebih lanjut, Wiku berujar kebijakan tersebut akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus yang dinamika yang terjadi di masyarakat.

Hal lain yang menjadi strategi penanganan Covid-19 adalah respons cepat pemerintah dalam peningkatan kesiapan fasilitas kesehatan.

Hal itu juga menjadi modal utama dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here