Luhut Binsar Pandjaitan Laporkan Haris Azhar dan Fatia ‘Kontras’ atas Kasus Pencemaran Nama Baik

0
5


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, melaporkan aktivis Haris Azhar dan koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya pada Rabu (22/9/2021).

Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan keduanya terkait kasus pencemaran nama baik.

Kasus tersebut bermula saat Fatia dan Haris mengatakan Luhut “bermain” dalam bisnis tambang emas di Intan Jaya Papua.

Pernyataan tersebut disampaikan Haris melalui konten yang dibagikan kanal YouTubenya dengan judul Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-OPS Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!! NgeHAMTAM”.

Tak terima akan pernyatan Haris maupun Fatia di konten tersebut, Luhut pun membuat laporan dan menggugat keduanya senilai Rp100 miliar.

Juniver Gersang selaku kuasa hukum Luhut pun membenarkan hal itu.

Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan sebelum meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).
Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan sebelum meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Baca: Luhut Binsar Pandjaitan

Baca: Daftar Panjang Jabatan yang Diembankan Jokowi ke Luhut Binsar, Menteri Interim hingga Ketua P3DN

“Pak Luhut sampaikan masalah ini juga dilakukan gugatan perdata. Kami akan menuntut kepada baik Haris Azhar maupun Fatia yang telah mencemarkan nama baiknya itu Rp 100 miliar,” jelas Girsang, dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Juniver mengatakan jika gugatan tersebut dikabulkan oleh majelis hakim, maka uang Rp 100 miliar itu akan dibagikakn kepada warga Papua.

“Kalau dikabulkan oleh hakim, akan disumbangkan kepada masyarakat Papua. Itulah antusias beliau membuktikan apa yang dituduhkan itu tidak benar dan merupakan fitnah pencemaran,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan laporan yang dibuat kliennya itu didasari oleh Undang-Undang ITE, pidana umum, dan berita bohong.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here