Megawati Minta Seluruh Kader PDIP Hargai Kaum Disabilitas

0
28



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta kelompok disabilitas untuk terus percaya diri dan meraih prestasi demi mengharumkan nama bangsa.

Dia menilai saat ini seluruh instrumen negara telah meletakkan kaum disabilitas sejajar dengan semua orang.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan sambutan dalam rangka pemberian penghargaan kepada para atlet dan pengurus Paralimpiade Tokyo 2021.

Acara itu dilaksanakan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (24/9/2021).

Ketika umur 13 tahun, Megawati pernah diajak oleh sang ayah sekaligus Presiden Pertama RI Bung Karno ke Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC).

Di sana dia melihat ada orang yang dilahirkan berbeda tetapi tetap punya sukacita.

“Lalu, saya lihat terus menerus, mereka diajari, diberi alat bantu. Jadi saya melihat seharusnya lingkungan pun harus mengikutsertakan membuat mereka punya kebanggaan,” ujarnya.

Baca juga: Megawati Cerita Dirinya Kerap Dicemooh Gegara Serukan Salam Kemerdekaan

Dari pengalaman itu pulalah, Megawati ketika menjadi Presiden Kelima RI dan memimpin PDIP selalu mengingatkan kepada jajarannya untuk menghargai prestasi yang telah dilakukan kaum disabilitas, khususnya olahragawan dan olahragawati yang mengikuti Paralimpiade.

“Karena saya ingin merangsang kembali bahwa ketika saya menjadi presiden ada kebijakan yang saya buat, yang jelas-jelas sebenarnya membuat mereka yang mempunyai kekurangan itu sangat bisa bergerak seperti apa adanya, seperti manusia normal,” kata Megawati.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu menyatakan kebijakan itu di antaranya ialah UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan UU RI Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here