Menlu Mikta Kutuk Serangan Teroris di Bandara Internasional Hamid Karzai

0
3



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Para menteri luar negeri (Menlu) yang tergabung dalam MIKTA yakni Menlu Meksiko, Indonesia, Republik Korea, Turki dan Australia mengutuk serangan teroris yang jahat dan diperhitungkan di Bandara Internasional Hamid Karzai.

Pernyataan bersama ini disampaikan pada Senin (13/9/2021) lewat siaran yang diunggah Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI).

Para Menlu menyerukan pemulihan penuh keamanan dan ketertiban sipil dan perlindungan keseluruhan kehidupan manusia.

“Kami mengutuk serangan teroris yang jahat dan diperhitungkan di Bandara Internasional Hamid Karzai dan menyampaikan belasungkawa kami kepada kerabat para korban dan kepada orang-orang Afghanistan, AS dan Inggris atas kerugian mereka,” tulisnya.

Baca juga: Taliban Tembak Mati Adik Mantan Wapres Afghanistan, Jasadnya Dikabarkan Dilarang Dikubur

Menlu MIKTA mengungkapkan keprihatinan mendalam dengan situasi yang sedang berlangsung di Afghanistan dan terus memantau perkembangan dengan cermat.

Mereka menyerukan kepada Taliban untuk mengizinkan mereka yang ingin meninggalkan Afghanistan dan dipastikan melakukannya dengan aman. 

“Kami menegaskan kembali dukungan untuk pekerjaan Misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan (UNAMA) dan menekankan pentingnya keselamatan dan keamanan personel Perserikatan Bangsa-Bangsa serta personel diplomatik dan konsuler Negara-negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa,” ujarnya.

Baca juga: Afghanistan Akan Kembali Membuka Rute Penerbangan Internasional

Para Menlu juga mendorong partisipasi perempuan Afghanistan, serta perlindungan hak-hak mereka, harus dipastikan dan harus menjadi bagian integral dalam pembangunan Afghanistan di masa depan. 

MIKTA mendesak upaya untuk melestarikan langkah luar biasa yang telah dilakukan wanita Afghanistan di masa lalu. 

“Kami menyerukan kepada Taliban dan semua pihak lain untuk mematuhi hukum humaniter internasional, dan untuk melindungi hak asasi manusia dan memastikan keselamatan dan keamanan semua orang Afghanistan, termasuk perempuan, anak-anak dan minoritas,” lanjutnya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here