Museum Badau – Tribunnewswiki.com

0
14



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Museum Badau adalah museum khusus yang didirkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung pada tahun 1989, yang menyimpan koleksi peninggalan dari Kerajaan Badau.

Sejak abad ke-15, di Belitung telah berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Badau dengan Datuk Dalung Moyang Gersik sebagai raja pertama.

Saat ini penerus kerajaan dipegang oleh pewaris Kerajaan Badau generasi ke-10, yaitu Johar Djuk.

Beberapa peninggalan sejarah yang menunjukkan sisa-sisa Kerajaan Badau dapat dijumpai di Museum Badau.

Koleksi di Museum Badau sebagian didapat dari sumbangan dan titipan dari masyarakat Badau, baik yang masih tinggal di Badau, maupun yang sudah tinggal menyebar di kota-kota seperti Gantung, Membalong, Tanjungpandan, hingga Bogor.

Koleksi unggulan yang dimiliki musuem ini yakni Tombak Berlek 13. (1)

Baca: Roemah Martha Tilaar (Museum Budaya Gombong)

Baca: Museum Pusaka Nias

Berdasarkan buku sejarah Pulau Belitung yang disusun oleh Dr. Osberger (geologist, pendiri museum Belitung), dikisahkan bahwa pada abad ke XV, Kerajaan Badau berdiri di bawah pimpinan seorang yang berasal dari Pulau Jawa dengan nama Ronggo Udo.

Semasa memimpin, beliau dikenal dengan gelar Datuk Mayang Gersik, dan beliau merupakan Raja Pertama Kerajaan Badau pada masa itu.

Pusat pemerintahannya berada di sekitar daerah yang saat ini dikenal dengan daerah Pelulusan.

Wilayah kekuasaan Kerajaan Badau meliputi daerah Badau, Ibul, Bange, Bentaian, Simpang Tiga, bahkan hingga ke daerah Buding, Manggar, dan Gantung. (1) (2)

Baca: Museum Tanjung Pandan Bangka Belitung

Baca: Museum Kata Andrea Hirata

Sejata

Beberapa koleksi peninggalan Kerajaan Badau yang dapat ditemui di Museum Badau ialah Keris, Pedang, Kayu gaharu, dan lain sebagainya.

Sebagian senjata yang ada di sini konon riwayatnya terdahulu digunakan untuk berperang melawan penjajah.

Salah satu koleksi yang paling menjadi daya tarik di Museum Badau ini yaitu sepasang tombak kebanggaan dari masyarakat Badau bernama Tombak Berambu atau Berlek 13.

Tombak ini sangat spesial lantaran dibuat oleh Daloeng Muyang Gresik yang merupakan raja pertama Badau dan juga murid dari Sunan Gresik.

Peralatan Rumah Tangga

Koleksi lainnya yang ada di museum ini yakni peninggalan peralatan rumah tangga pada masa Kerajaan Badau, seperti kendi, baki, dan periok dalong.

Semua benda ini tersusun rapi di dalam lemari yang berada di ruang dalam.

Selain itu, ada juga kakaian tentara Kerajaan Badau dan pakaian pengantin tempo dulu yang tersimpan rapi di lemari ruangan museum. (2)

Baca: Museum Kota Langsa

Baca: Museum Deli Serdang

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here