Museum Karmawibhangga – Tribunnewswiki.com

0
25



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Museum Karmawibhangga adalah sebuah museum khusus di Kawasan Candi Borobudur yang menyimpan ribuan balok batu Borobudur yang belum ditemukan pasangannya.

Selain itu terdapat juga terdapat arca Buddha dengan bentuk yang tidak sempurna yang dikenal dengan sebutan Unfinished Buddha dimana menjadi koleksi unggulan museum ini.

Museum ini menyajikan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, dan temuan artefak arkeologi yang baik yang ditemukan di sekitar Borobudur maupun yang berasal dari berbagai situs purbakala di Jawa Tengah.

Museum Karmawibhangga juga menampilkan struktur arsitektur Borobudur, dan dokumentasi proyek pemugaran antara tahun 1975 dan 1982 yang dibantu oleh UNESCO.

Desain bangunan museum ini bergaya arsitektur tradisional Jawa, yaitu berupa rumah Joglo lengkap dengan pendopo.

Museum ini merupakan kesatuan dalam Kompleks Taman Arkeologi Taman Wisata Candi Borobudur yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1983.

Museum ini bernaung di bawah kepemilikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dikelola oleh Balai Konservasi Candi Borobudur. (1)

Baca: Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Borobudur

Baca: Candi Borobudur

Sejak tahun 1991, Borobudur telah tercatat sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage) Nomor 592 oleh UNESCO.

Pengakuan tersebut merupakan pengakuan internasional tertinggi terhadap sebuah situs peninggalan dunia.

Borobudur dianggap memenuhi 3 dari 10 kriteria Warisan Budaya Dunia, antara lain:

1. Mewakili sebuah mahakarya kejeniusan kreatif manusia.

2. Memperlihatkan pentingnya pertukaran nilai-nilai kemanusiaan dalam suatu rentang waktu atau dalam suatu kawasan budaya di dunia terhadap pengembangan arsitektur atau teknologi, karya monumental, tata kota, atau rancangan lanskap.

3. Secara langsung atau nyata terkait dengan peristiwa-peristiwa atau tradisi yang masih hidup, dengan gagasan, atau keyakinan, dengan karya seni dan sastra yang memiliki nilai-nilai universal signifikan.

Bersamaan dengan pengakuan tersebut, pemerintah dan institusi melaksanakan beberapa kewajiban untuk mengambil langkah-langkah kebijakan dalam pelestarian, perlindungan, pemanfaatan, pengelolaan, dan pengembangan, baik secara fisik maupun non fisik.

Begitu juga dengan masyarakat Indonesia yang sudah seharusnya turut serta dalam memelihara kelestarian Borobudur baik secara fisik maupun nonfisik. (2)

VISI

Menjadi perusahaan yang unggul dalam pengelolaan taman dan lingkungan cagar budaya sebagaiupaya pelestarian warisan budaya bangsa,

MISI

1. Mengelola taman dan lingkungan sekitar candi boronudur,prambanan & ratu Boko dalam upaya pelestarian budaya bangsa.

2. Mengkomunikasikan nilai nilai luhur cagar budaya dengan menyediakan pelayanan wisata budaya yang berkuwalitas.

3. Mendukung pemberdayaan masyarakat lokal sebagai upaya pelestarian dan pengembangan perekonomian.

4. Meningkatkan nilai perusahaan secara berkelanjutan. (3)

Baca: Museum Indonesia TMII

Baca: Museum Rumah Sejarah Kalijati

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here