Museum Kata Andrea Hirata – Tribunnewswiki.com

0
8



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Museum Kata Andrea Hirata merupakan sebuah museum khusus yang berkaitan dengan sastra dunia dan sastra Indonesia.

Didirikan oleh novelis Andrea Hirata, museum ini diresmikan pada bulan November 2012 dengan kegiatan utamnya yakni pengenalan tentang sastra, perkembangan sastra di Indonesia, dan pentingnya dunia sastra bagi kehidupan manusia.

Di dalam museum juga disuguhkan informasi tentang proses panjang penerbitan novel berjudul ‘Laskar Pelangi’ hingga proses visualisasi menjadi sebuah film.

Tujuan didirikannya Museum Kata Andrea Hirata ialah untuk memberikan inspirasi kepada kamu muda Indonesia agar berjuang meraih cita-cita layaknya kisah di dalam novel Laskar Pelangi.

Berlokasi di Jalan Laskar Pelangi 10, Gantong, Belitung Timur, museum ini dapat dicapai melalui tiga rute perjalanan dengan moda transportasi yang berbeda. (1)

Baca: Museum Affandi

Baca: Museum of Toys Tangerang

Museum Kata Andrea Hirata ini menjadi satu-satunya museum kata di Indonesia dimana bangunannya menggunakan sebuah rumah yang telah berumur sekitar 200 tahun.

Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan museum pribadi milik Andrea Hirata.

Dengan suksesnya novel Laskar Pelangi serta wawasannya yang luas, ia ingin mewujudkan sebuah museum kata di Indonesia seperti halnya yang ada di luar negeri.

Keiinginan Andrea agar museum ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat edukasi dan apresiasi sastra dapat terlihat jelas di museum ini.

Dengan adanya lebih dari 200 literatur dari berbagai penulis dan juga berbagai genre, museum ini sebagai bentuk kepedulian dan perwujudan apresiasi Andrea Hirata terhadap sastra.

Kesederhanaan dan konsep Museum Kata Andrea Hirata yang penuh dengan seni ini dapat menunjukkan idealisme Andrea Hirata, dimana lokasinya yang berada di desa kelahirannya, seakan membuat bangunannya menyatu dengan kampung setempat.

Selain menampilkan informasi perihal sastra, museum ini juga menyuguhkan berbagai informasi tentang Belitung sebagai wujud rasa cinta Andrea Hirata terhadap kampung halamannya itu. (2)

Baca: Jogja National Museum (JNM)

Baca: Andrea Hirata

Di Museum Kata Andrea Hirata, penulis novel Maryamah Karpov dan Sang Pemimpi ini membagi ruang-ruang menjadi tiga bilik.

Sama halnya dengan tokoh utama di Laskar Pelangi, bilik-bilik ini dinamai dengan karakter-karakter tersebut, yakni Bilik Ikal, Bilik Mahar, dan Bilik Lintang.

Sesuai dengan ciri khas tokoh, di Bilik Ikal terdapat berbagai piranti seni, begitu juga dengan bilik dari kedua tokoh lainnya, terdapat kecenderungan terhadap masing-masing karakter tokoh yang tercermin dalam setiap bilik.

Salah satu gambar yang dapat ditemukan di Bilik Ikal yakni gambar yang menunjukkan foto Ikal sedang berteriak sebagaimana ekspresinya di dalam Film Laskar Pelangi.

Di bilik Lintang, pengunjung akan menemukan beberapa tokoh cerdas yang menjadi inspirasi Lintang.

Tak ketinggalan pula terdapat sepeda ontel milik Lintang yang digunakannya untuk bersekolah. (3)

Baca: FILM – Laskar Pelangi (2008)

Baca: Museum OHD Magelang

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here