Nagari Pariangan – Tribunnewswiki.com

0
19


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Nagari Pariangan adalah salah satu desa tertua di Ranah Minang yang terkenal dengan kesuburan dan keindahan alamnya.

Nagari Pariangan dinobatkan sebagai salah satu dari lima desa terindah di Dunia oleh Budget Travel termasuk, Desa Wengen di Swiss, Eze di Paris, Niagara on the Lake di Kanada dan Cesky Krumlov di Ceko.

Nagari Pariangan mempunyai luas sekitar 17,92 kilometer persegi, berada di lereng Gunung Marapi dengan ketinggian sekitar 500-700 meter diatas permukaan laut.

rumah gadang nagari pariangan
Rumah Gadang di Nagari Pariangan, Sumatera Barat

Media Pariwisata Amerika bernama Budget Travel pada tahun 2012 menjadikan Nagari Pariangan sebagai salah satu desa terindah di dunia bersama dengan empat desa lainnya. (1)

Lima desa terindah tersebut termasuk Nagari Pariangan di Sumatera Barat, Niagara on The Lake di Kanada, Cresky Krumlov di Ceko, Wengen di Swiss, Shirakawago di Jepang, dan Eze di Prancis.

Baca: Desa Wisata Ranupani

Nagari Pariangan terpilih karena masih menjunjung tinggi adat istiadat dan juga warisan budaya dari para leluhur.

Kealamian dan Keasrian dari panorama alamnya yang menakjubkan juga menjadi salah satu daya tarik utama Nagari Pariangan, dan desa ini berhasil menjadi ciri identitas budaya Sumatera Barat.

Pintu masuk Nagari Pariangan yang juga menjadi jalan utama diapit oleh pemandangan hijaunya persawahan dan juga perkebunan warga yang subur, rimbun dan juga asri.

Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan rumah-rumah Gadang khas Sumatera Barat di wilayah perkampungan Nagari Pariangan.

Rumah-rumah penduduk yang padat, dibangun bertingkat-tingkat dengan atap gonjong yang runcing dan mengikuti kontur atau pola lereng gunung terlihat begitu rapi dan mempesona.

Baca: Wisata Alam Condong Pelangi

Rumah Gadang tersebut terlihat sangat unik, dengan adanya motif-motif minang dan dibangun secara tradisional tanpa menggunakan paku.

Terdapat bangunan tertua di Nagari Pariangan yaitu Masjid Ishlah yang dibangun oleh Syekh Burhanuddin seorang ulama terkemuka di Minang pada abad ke-19. (2)

Arsitektur Masjid Ishlah tidak mengadopsi rumah gadang, tetapi lebih menyerupai kuil-kuil di Tibet dan masjid ini sudah mengalami renovasi pada tahun 1920 dan 1994.

 Terdapat pancuran air panas yang aliran airnya berasal langsung dari Gunung Marapi, yang digunakan oleh umat muslim untuk mensucikan diri.

Nagari Pariangan menjadi desa pertanian pertama di tanah Minang, karena kesuburan tanahnya yang juga menjadi sumber penghasilan dan pangan masyarakat.

Baca: Wisata Alam Brakseng

Terdapat sepetak sawah yang dijadikan situs budaya oleh masyarakat Nagari Pariangan, yaitu Sawah Gadang Setampang Baniah yang merupakan sawah pertama yang dibuka oleh Datuk Tantajo Garhano.

Makam Datuk Tantajo Garhano juga menjadi salah satu situs sejarah di Nagari Pariangan karena dianggap sebagai leluhur masyarakat Minang.

Nagari Pariangan berlokasi di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Nagari Pariangan berjarak sekitar 95 kilometer dari utara Kota Padang, 35 kilometer dari Kota Bukittinggi dan berada di antara Kota Batusangkar dan Padang Panjang. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here