Panglima TNI: Penanggulangan Karhutla Akan Lebih Optimal dengan Aplikasi ASAP Digital 

0
3



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri peluncuran aplikasi Analisa Pengendalian Karhutla Digital (ASAP Digital) oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri Jakarta Selatan pada Rabu (15/9/2021). 

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto menjelaskan aplikasi ASAP Digital tersebut memuat berbagai macam informasi terkini (real time).

Informasi tersebut, kata Edys, di antaranya data visual (CCTV), kondisi udara, hotspot serta data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla.  

Keunggulan dari aplikasi ASAP Digital tersebut, kata dia, antara lain dapat memantau adanya asap yang bersumber dari api. 

Berkat kecepatan informasi yang diterima petugas di Command Center, lanjut Edys, tim satgas karhutla bisa secara dini dikerahkan ke lokasi melakukan pengendalian dan pemadaman.

Baca juga: DPR Masih Belum Terima Surpres Mengenai Calon Panglima TNI 

“Panglima TNI menyambut baik inovasi aplikasi ASAP Digital dan menyampaikan terima kasih kepada Kapolri atas inisiasi transformasi penanggulangan Karhutla menggunakan aplikasi ASAP Digital yang tentunya dengan inovasi ini pelaksanaan penanggulangan karhutla akan lebih optimal,” kata Edys dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Rabu (15/9/2021).

Panglima TNI, kata Edys, berharap komunikasi, koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral dalam penanggulangan Karhutla menjadi lebih baik dan efektif. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Direktur Telkom Indonesia, Kepala BRGM serta segenap Pejabat Utama Mabes Polri.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here