Pasangan Suami Istri Peserta Touring Indonesia Harmoni Disambut Tari Kabasaran di Manado

0
3


MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID – Pengurus Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulut bersama Brigade Manguni Indonesia (BMI) melakukan penyembutan secara adat, kepada Ketua FKPT Aceh, Dr Kamaruzaman Bustamam Ahmad bersama istri, Fitri Zulfidar, MA, saat keduanya tiba di ibu kota Sulawesi Utara, Manado., Senin (13/09/2021).

Dr Kamaruzaman Bustamam Ahmad yang melakukan touring dengan sepeda motor, keliling Indonesia bertemakan “Indonesia Harmoni.’’

Ketua FKPT Aceh Dr. Kamaruzaman Bustamam Ahmad bersama istri ,Fitri Zulfidar, M.A saat dijamu pengurus FKPT Sulut
Ketua FKPT Aceh Dr. Kamaruzaman Bustamam Ahmad bersama istri ,Fitri Zulfidar, M.A saat dijamu pengurus FKPT Sulut (istimewa)

Keduanya melakukan perjalanan dari Provinsi Gorontalo. Kemudian melalui perjalanan darat melewati Bolaang Mongondow Raya, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa, kemudian tiba di Kota Manado.

Begitu tiba di Kota Manado keduanya mampir di Sekretariat BMI. Kemudian bersama pengurus FKPT Sulut dibawa pimpinan Ketua FKPT Sulut, Max Togas SH menuju pinggiran Pantai Malalayang.

Tiba di sini Dr Kamaruzaman Bustamam Ahmad dan istri disambut dengan Tarian Perang Minahasa, Kabasaran. Namun, penyambutan tetap dengan memperhatikan protocol kesehatan. Yakni, menjaga jarak dan memakai masker.

Setelah itu, Ketua FKPT Aceh dan istri dijamu makan siang oleh pengurus FKPT Sulut. Antara lain; Makmun Djaafara; Kabid Pemuda dan Pendidikan FKPT Sulut, Aswin Lumintang; Kabid Media, Hukum dan Humas, Tommy Saune; staf FKPT dan lainnya.

‘’Makanan di Sulawesi enak-enak, ‘’ ujar Fitri Zulfidar sambil menyantap menu ikan Woku Belanga.

Dia mengaku, sejak berada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara hingga Gorontalo telah merasakan aneka makanan yang terasa enak.

Kamaruzaman mengatakan, dirinya bersyukur bisa mengikuti touring ini, sehingga dapat melihat keindahan alam, budaya dan adat istiadat di belahan bumi  Indonesia. ‘’Rencananya kami setelah ini akan menuju ke Ternate, kemudian Papua Barat dan Papua, ‘’ ujarnya penuh semangat.

Kamaruzzaman menjelaskan, perjalanan dia bersama istri dimulai di Aceh sejak 28 Juli 2021, menuju Sumatera Utara melalui pesisir Sumatera Barat dan tiba di Kota Padang Panjang. Selanjutnya menuju Bengkulu sampai di Kota Lampung. Setiap Ibu Kota Provinsi disambut oleh Pengurus FKPT setempat,

Kemudian Touring dilanjutkan melalui Pelabuhan Merak menuju Tangerang Cirebon, terus ke Semarang.

Selanjutnya menuju Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Palangkalaya, Banjarmasin, Samarindah, bahkan sudah di mengunjungi Perbatasan Malaysia. Dari Nunukan kemudian naik Speed Boat ke Pare-Pare, selanjutnya menuju Mamuju.

Ketua FKPT Aceh Dr. Kamaruzaman Bustamam Ahmad dan istri saat disambut secara adat
Ketua FKPT Aceh Dr. Kamaruzaman Bustamam Ahmad dan istri saat disambut secara adat (istimewa)

Dari Mamuju touring ke Enrekang- Toraja- Palopo – Parepare dan tiba di Makassar 2 September 2021.

Kemudian menuju Kendari , Sulawesi Tenggara, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Provinsi Gorontalo dan akhirnya tiba di Kota Manado, Provinsi Sulawesi  Utara.

“Ide awal touring ini dari Ketua BNPT dan Deputi Pencegahab BNPT merestuinya. Diagendakan touring ini akan selesai akhir Oktober 2021 di Sabang, ‘’ ujarnya menutup perbincangan.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here