Pengamat Politik Hendri Satrio Sebut Golkar Harus Perhatikan Integritas Pengganti Azis Syamsuddin

0
13


TRIBUNNEWSWIKI.COMAzis Syamsuddin resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Politisi partai Golkar itupun mengundurkan diri setelah penetapan statusnya itu.

Hendri Satrio selaku pengamat politik dan pendiri lembaga survei KedaiKOPI angkat bicara tentang pengganti Azis Syamsuddin.

Ia mengatakan ada tiga kriteria yang harus diperhatian partai Golkar dalam memilih pengganti Azis Syamsuddin.

Di antaranya ialah tentang integritas dari pengganti Azis.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin usai memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (9/6/2021).
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin usai memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (9/6/2021). (KOMPAS.com/IRFAN KAMIL)

Baca: Azis Syamsuddin

Baca: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Hal itu bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi politisi dari partai Golkar yang terlibat kasus suap.

“Jangan sampai setiap petinggi Golkar berpeluang masuk KPK gitu kan sebelumnya ada Setia Novanto sekarang Aziz Syamsuddin. Jadi yang pertama harus dipertimbangkan itu tentang integritas,” kata Hendri, dikutip dari Tribunnews.com, Minggu (26/9/2021).

Kriteria selanjutnya ialah tingkat senioritas anggota fraksi partai Golkar yang ada di DPR RI.

“Nah untuk kategori yang kedua ini bisa dipertimbangkan para Ketua Fraksi itu atau yang bukan ketua Fraksi tapi memang punya jejak senioritas di Golkar itu,” imbuhnya.

Kriteria ketiga ialah pengganti Azis harus dapat memperbaiki citra Partai Golkar.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. KPK resmi menahan Azis Syamsuddin terkait kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah.
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. KPK resmi menahan Azis Syamsuddin terkait kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Baca: Simpang Siur Sederet Nama Pengganti Azis Syamsuddin, Mulai dari Adies Kadir Hingga Nurul Arifin

Baca: Resmi Jadi Tersangka Kasus Suap, Azis Syamsuddin Mengundurkan Diri sebagai Wakil Ketua DPR RI



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here