Pengucapan Syukur Kabupaten Minsel Tanpa Macet, Bupati Franky Wongkar Sampaikan Terima Kasih

0
15



TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Perayaan Pengucapan Syukur di Kabupaten Minahasa Selatan, Minggu (26/9/2021) sepi. Padahal, tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Minsel sampai macet karena banyaknya tamu yang datang saat perayaan Pengucapan Syukur.

Warga Kabupaten Minsel merayakan Pengucapan Syukur hanya dengan keluarga dekat. Ada juga yang merayakan hanya di tingkat jemaat gereja.

Di wilayah Kecamatan Amurang dan Motoling misalnya. Pada perayaan Pengucapan Syukur sebelum pandemi, dua wilayah ini sampai macet total.

Ribuan kendaraan dari Kota Manado, Minahasa, Tomohon, Kota Bitung dan bahkan dari Bolaang Mongondow, tumpah di Kecamatan Amurang raya dan Motoling raya.

Namun, situasi terkini di dua wilayah ini saat Pengucapan Syukur, hanya sedikit tamu yang datang. Itupun, mereka harus kucing-kucingan dengan petugas yang melakukan penyekatan.

“Kalau dulu, sebelum pandemi, banyak sekali warga yang datang di desa kami di saat Pengucapan Syukur. Tapi, tahun ini hampir-hampir tidak ada yang datang,” aku Harry Limpeleh, warga Desa Tondei, Kecamatan Motoling Barat.

Sedikitnya tamu yang ‘pasiar’ (sebutan warga untuk silaturahmi) perayaan Pengucapan Syukur, adalah bagian dari suksesnya Surat Edaran Bupati Minsel tentang larangan mengundang tamu.

Tindaklanjut dari Surat Edaran Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, pihak Polres Minsel, Dinas Perhubungan, TNI dan Dinas Kesehatan, langsung melaksanakan penyekatan.

Penyekatan dipusatkan di jembatan Marwasey, pintu masuk Kabupaten Minsel.

Ratusan kendaraan yang akan ke Kabupaten Minsel dipulangkan ke daerah asalnya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here