Perayaan Pengucapan Syukur, Puluhan Kendaraan yang Masuk Kota Bitung Harus Putar Balik

0
15



TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Perayaan pengucapan syukur serentak, yang diselenggarakan masyarakat di 15 Kabupaten Kota se-Sulawesi Utara (Sulut) berlangsung berbeda-beda, Minggu (26/9/2021).

Seperti di Jemaat GMIM Asabri 2 Kelurahan Girian Permai, Kecamatan Girian Kota Bitung menggelar Ibadah Minggu dirangkaikan dengan pengucapan syukur dan peneguhan sidi jemaat Anugerah Asabri II Wilayah Bitung XIII.

Sebanyak 16 orang jemaat yang diteguhkan, Pdt Samuel Rompas Ketua Badan pekerja majelis jemaat (BPMJ) Anugerah.

“Adapula pelakanaan sederhana di rumah masing-masing, berserta dengan syukur anggota jemaat yang anak mereka telah diteguhkan sebagai sidi jemaat,’ kata Pdt Samuel Rompas, Minggu (26/9/2021).

Sejumlah hasil bumi seperti buah pisang singkong dan kelapa di pajang di depan gereja.

Pemandangan seperti ini,kerap ditemukan di rumah ibadah dan rumah warga saat gelaran pengucapan syukur.

Pdt Samuel Rompas  mengatakan, ini merupakan hari spesial sebagai masyarakat provinsi Sulut pada umumnya dan khususnya Kota Bitung.

Boleh diperkenankan beribadah di gereja bersamaan dengan Pengucapan syukur, yang disepakati oleh pimpinan agama dan pemerintah, lewat keputusan gubernur menyatukan pengucapan syukur di daerah masing-masing.

“Ini semata-mata untuk satu tujuan, memutus mata rantai covid 19. Masyarakat yang berpengucapan syukur tidak boleh saling bepergian hanya melaksanakan di rumah masing-masing,” kata dia.

Terkait dengan jemaat yang sudah diteguhkan sebagai sidi jemaat, telah melalui proses katekisasi selama enam bulan, meski di tengah pandemi dan proses yang ada.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here