Percepat Penyaluran Bansos, Mensos Risma Minta Bank Dekatkan Layanan ke KPM

0
3



Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta Bank Himbara di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mendekatkan layanan kepada penerima manfaat bantuan sosial. 

Bank, menurut Risma, perlu mengambil inisiatif untuk jemput bola ke lokasi terdekat penerima manfaat.

“Saya minta Bank Himbara untuk mendekatkan layanan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Karena kalau harus datang ke kota bisa habis biaya transport. Kasihan KPM-nya,” kata Risma melalui keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021). 

Terdapat tantangan geografis dalam penyaluran bansos di Kalsel. 

Di kawasan ini secara umum ditandai dengan adanya dataran rendah yang sebagian besar berupa lahan gambut, rawa dan sungai.

Baca juga: Mensos Risma Segera Tingkatkan Kualitas Prasarana Dasar Suku Dayak Meratus

Kondisi tersebut sedikit banyak mempengaruhi kecepatan dalam penyaluran bantuan. 

Beberapa pendamping PKH menyatakan penyaluran bantuan untuk KPM ditempuh dengan menumpang perahu klotok menyusuri sungai atau menyeberangi laut. 

Biaya yang dikeluarkan untuk keperluan itu, bisa lebih besar dari indeks bantuan yang sebesar Rp 200-600 ribu.

“Ada yang memerlukan waktu 15 jam untuk mendapatkan bantuan. Saya kira juga tidak fair kalau dipaksakan dengan kondisi seperti itu,” kata Risma. 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here