Peringatan Dini BMKG Sabtu, 18 September 2021: Jateng dan Jabar Berpotensi Hujan Lebat

0
10



TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Sabtu (18/9/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di Filipina bagian tengah yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Kalimantan barat bagian utara hingga pesisir timur Kalimantan Timur serta dari Sulawesi Tenggara hingga pesisir utara Gorontalo.

Sirkulasi siklonik ini juga membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang dari perairan utara Kalimantan bagian utara hingga laut Sulu bagian timur.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Jambi hingga perairan barat Kepulauan Mentawai dan di sepanjang Papua.

Daerah konfluensi terpantau di Laut Halmahera baian utara hingga Samudera Pasifik timur Filipina.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi BMKG Sabtu 18 September 2021: 8 Wilayah Capai 4-6 M

Baca juga: Gempa M 3,8 Guncang Lombok Timur, Ini Pesan BMKG

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang Sabtu, 18 September 2021 hingga Minggu, 19 September 2021.

Sabtu, 18 September 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

– Aceh



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here