Perjanjian New York – Tribunnewswiki.com

0
16


TRIBUNNEWSWIKI.COM- Perjanjian New York adalah sebuah perjanjian yang diprakarsai oleh Amerika Serikat dalam memindahkan kekuasaan atas Papua barat dari Belanda kepada Indonesia pada tahun 1962.

Perjanjian ini dilatarbelakangi oleh prakarsa Elssworth Bunker yang melihat pertempuran perebutan Papua barat tidak kunjung berakhir.

Salah satu hasil perjanjian New York adalah gencatan senjata dan penyerahan kekuasaan atas Papua barat dari Belanda kepada Indonesia.

Proses penandatanganan perjanjian ini disaksikan oleh Sekertaris Jenderal PBB U Thant dan Ellsworth Bunker di markar besar PBB. (1) 

Baca: Perjanjian Kalijati

Perjanjian New York 1962
Perjanjian New York

Perjanjian New York ini dilakukan karena Indonesia ingin merebut daerah Papua Barat dari tangan Belanda.

Pada Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag saat pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda, disebutkan bahwa masalah ini akan terselesaikan dalam tempo satu tahun sejak KMB.

Lantas sampai dengan tahun 1961, tidak ada pembahasan mengenai penyerahan tersebut.

Meskipun begitu, AS takut ketika Uni Soviet ikut campur dalam permasalahan Papua Barat, yang mendesak Belanda mengadakan perundingan dengan Indonesia.

Diskusi pun dimulai, Adam Malik adalah perkilan delagasi Indonesia.

Belanda dipimpin oleh Dr Van Roijen, serta E Bunker dari AS menjadi perantaranya.

Akhirnya, Perjanjian New York disepakati pada tanggal 15 Agustus 1962, yang berisi penyerahan Papua bagian barat dari Belanda melalui United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA).

Indonesia berhasil merebut Papua Barat pada tanggal 1 Mei 1963. (2) 

Baca: Perjanjian Tordesillas

Perjanjian New York dilakukan untuk menghentikan peperangan yang terjadi antara Indonesia dan Belanda dalam rangka membebaskan Papua Barat.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Subandrio yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia dengan Van Royen dan Schuurman sebagai delegasi dari Belanda.

Perjanjian New York disaksikan oleh sekjen PBB saat U Thant dan Elssworth Bunker di markar besar PBB. (1)

Baca: Perjanjian Renville

(Tribunnewswiki.com/ Husna)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here