Perses Sumedang – Tribunnewswiki.com

0
15



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Persatuan Sepak bola Sumedang atau disingkat Perses adalah klub sepak bola yang berasal dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Perses Sumedang berdiri pada tanggal 30 Januari 1950.

Laskar Insun Medal merupakan julukan dari tim Perses Sumedang.

Stadion Ahmad Yani, Sumedang yang memiliki kapasitas 1.000 penonton menjadi kandang dari Perses Sumedang.

Perses Sumedang berkompetisi di Liga 3 Indonesia zona Jawa Barat.

Perses Sumedang memiliki kelompok suporter bernama Insun Medal Fans Club. (1)

Baca: Persika Karawang

Baca: Persikab Kabupaten Bandung

Perses Sumedang berdiri pada tanggal 30 Januari 1950 dan dibentuk oleh beberapa tokoh asal Sumedang, antara lain oleh Djajusman, Sardjinan, dan Nawawi.

Perses Sumedang menjadi salah satu klub legendaris di Jawa Barat karena sudah berdiri sejak tahun 1950.

Meski sudah berdiri sejak tahun 1950, Perses Sumedang belum pernah tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1960, Perses berkompetisi di Perserikaran PSSI Jawa Barat.

Perses menjadi salah satu dari 19 peserta Perserikatan PSSI Jawa Barat, berdasarkan data yang tersedia di buku HUT ke-30 PSSI (1930-1960).

Perses Sumedang pada tahun 1996 berhasil menjadi runner up Divisi II Liga Indonesia zona Jawa Barat pada tahun 1996.

Pada musim berikutnya Perses Sumedang yang berhasil meraih juara Divisi II Liga Indonesia zona Jawa Barat mampu masuk 8 besar Divisi II Nasional tahun 1997.

Tim yang berasal dari Kabupaten Sumedang ini juga sempat vakum dan kembali bermain di Liga 3 zona Jawa Barat pada tahun 2017.

Perses Sumedang hingga musim 2021 masih berkompetisi di Liga 3 dan terus berjuang untuk dapat bermain di Liga 2 Indonesia. (2)

Baca: Persitas Tasikmalaya

Insun Medal Fans Club merupakan kelompok suporter atau komunitas pendukung klub Perses Sumedang.

Insun Medal Fans Club pada mulanya bernama Tofuboys yang kemudian bertransformasi ketika Perses Sumedang mengalami kebangkitan setelah cukup lama vakum berkompetisi di Liga Indonesia.

Perubahan nama dari kelompok suporter Perses Sumedang tersebut terjadi pada tahun 2017, setelah Perses Sumedang mulai bangkit dengan mengikuti kompetisi Liga 3.

Lahirnya Insun Medal Fans Club tidak lepas dari keinginan dari pecinta sepak bola di Kabupaten Sumedang untuk mendukung klub lokal yang membawa nama Kabupaten Sumedang di kancah sepak bola nasional.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Perses Sumedang, dibeberapa pertandingan yang diikuti oleh Perses Sumedang, turut dihadiri oleh anggota Insun Medal Fans Club.

Meski Perses Sumedang sempat harus bermain di Stadion Merdeka Garut dan Stadion Wiradadaha Kota Tasikmalaya karena Stadion Stadion Ahmad Yani, Sumedang yang menjadi kandang Perses Sumedang tidak memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan, namun Insun Medal Fans Club tetap hadir untuk memberikan dukungan bagi Perses Sumedang. (3)

Baca: PSKC Cimahi

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here