Persigar Garut – Tribunnewswiki.com

0
11



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Persatuan Sepak bola Indonesia Garut atau disingkat Persigar adalah klub sepak bola yang berasal dari Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Klub sepak bola Persigar Garut berdiri pada tanggal 28 September 1949.

Stadion Arudji Kartawinata yang berkapasitas 15.000 penonton menjadi kandang dari Persigar Garut.

Klub yang berjuluk Maung Sancang ini berkompetisi di Liga 3.

Persigar Garut memimiki kelompok suporter bernama Garut Mania atau lebih dikenal dengan nama Garman. (1)

Baca: Persitas Tasikmalaya

Baca: Persika Karawang

Persigar yang berdiri pada tanggal 28 September 1949, berasal dari Kabupaten Garut dan awalnya menggunakan Stadion Jayaraga sebagai kandang mereka.

Tahun 1960-an merupakan era kejayaan Persigar Garut dan hampir berhasil promosi ke Divisi Utama Perserikatan.

Namun, Persigar Garut harus mengakui keunggulan tim PSP Padang dengan skor 1-2 pada musim 1968 dan membuat tim berjuluk Macan Sancang gagal promosi ke Divisi Perserikatan Nasional.

Meskipun nama Persigar Garut tidak begitu dikenal pada kancah sepak bola nasional, pemain-pemain asal Garut sudah sering menghiasi kancap sepak bola nasional, seperti Zaenal Arif, Johan Juansyah, Rudi Geovani, dan beberapa pemain lainnya.

Pada musim 2002, Persigar Garut yang tergabung satu grup dengan Persibo Bojonegoro, Persiba Bantul dan PSM Madiun, berhasil lolos dari putaran grup.

Namun, pada babak selanjutnya Persigar harus tersingkir saat menghadapi PSKB Binjai sehingga gagal promosi ke Divisi I.

Hingga tahun 2021, Persigar Garut masih kesulitan untuk dapat promosi ke kasta kedua Liga Indonesia.

Persigar Garut yang bermain di Liga 3 zona Jawa Barat, masih kalah bersaing dengan tim-tim asal Jawa Barat lainnya seperti PSKC Cimahi, Persitas Tasikmalaya, hingga Persikasi Bekasi.

Hal tersebut disebabkan masih minimnya sarana olahraga yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (1) (2)

Baca: PSKC Cimahi

Pada tahun 2021, mulai ramai tokoh masyarakat yang mengakuisisi klub sepak bola nasional.

Selain Raffi Ahmad, Atta Halilintar, serta Gading Martin yang sudah mengakuisi klub Liga 2 dan Liga 3 Indonesia, kini muncul rumor musisi Ahmad Dhani akan membeli Persigar.

Hal ini diungkapkan Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang membenarkan kabar tentang Ahmad Dhani yang berminat membeli Persigar karena istri dari Ahmad Dhani, Mulan Jameela juga merupakan orang Garut.

Kendati demikian, Rudy Gunawan menyampaikan bahwa ada syarat-syarat yang harus dipenuhi Ahmad Dhani dan Mulan Jameela jika ingin megakuisisi Persigar Garut.

Sebab, Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut klub kebanggaan warga Garut Persigar akan tetap menjadi milik Pemda Garut, dan Ahmad Dani hanya akan menjadi pengelola saja.

Menurutnya Persigar saat ini memerlukan dana dari sponsor untuk pembinaan tim dan Ahmad Dhani hanya mengurus perihal sponsor dan dana untuk menalangi pembinaan tim dan pertandingan.

Menurutnya Persigar harus dikelola dengan baik dan profesional sehingga klub kebanggan orang Garut itu dapat bersaing di kancah nasional.

Rudy menjelaskan dia sudah melakukan pembicaraan dengan Ahmad Dhani soal pengelolaan Persigar.

Menurutnya Ahmad Dhani dan teman-temannya saat ini tengah menunggu Persigar memiliki stadion sebelum sepakat mengelola klub tersebut. (2) (3)

Baca: PSGC Ciamis

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here