Persikup Kulon Progo – Tribunnewswiki.com

0
8



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Persikup Kulon Progo adalah sebuah klub sepak bola yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tidak ada catatan sejarah kapan klub ini berdiri, karena Persikup Kulon Progo tidak begitu mendapat perhatian dari pengurus maupun pemerintah setempat.

Persikup Kulon Progo merupakan peserta Liga 3 zona DIY.

Stadion Cangkring, Kulon Progo yang memiliki kapasitas 7.000 penonton menjadi kandang dari Persikup Kulon Progo.

Persikup Kulon Progo memiliki beberapa kelompok suporter, seperti Binangung Boys, Binangung Fans dan Western Troopers. (1) (2)

Baca: Persiba Bantul

Baca: Persiharjo Sukoharjo

  • Sejarah dan Upaya Bangkit

Nama Persikup Kulon Progo memang tidak begitu dikenal oleh pecinta sepak bola nasional, bahkan oleh masyarakat Kulon Progo sendiri.

Persikup Kulon Progo kalah bersinar dibanding klub-klub asal Daerah Istimewa Yogyakarta lainnya, seperti PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, serta Persiba Bantul.

Masyarakat Kulon Progo lebih banyak menjadi pendukung klub asal DIY lainnya, bahkan menjadi pendukung klub-klub besar Indonesia semacam Arema maupun Persija Jakarta.

Hal tersebut tidak lepas dari kurangnya keseriusan pihak pengurus Persikup Kulon Progo dalam mencari investor, branding tim serta persiapan dalam menghadapi kompetisi.

Bahkan tidak ada catatan sejarah maupun perjalanan kompetisi yang pernah dilalui oleh Persikup Kulon Progo.

Namun pada tahun 2019, ada upaya dari pengurus maupun sebagian masyarakat Kulon Progo untuk membangkitkan tim Persikup Kulon Progo sebagai identitas klub sepak bola perwakilan dari Kabupaten Kulon Progo.

Pada tahun tersebut, akun instagram resmi Persikup Kulon Progo mulai diluncurkan dan menggandeng beberapa sponsor untuk mendukung kinerja dari tim Persikup.

Mulai dari aparel olahraga lokal, sosial media partner hingga BUMD menjadi mendukung Persikup untuk mengarungi Liga 3 2019.

Menggandeng sponsor dibidang media dan fotografi, menjadi cara untuk branding tim Persikup agar lebih dikenal oleh masyarakat khususnya oleh masyarakat Kulon Progo.

Meski belum memberikan hasil yang maksimal namun apa yang dilakukan oleh Persikup Kulon Progo harus diapresiasi dengan upaya untuk bangkit dan berkembang. (1) (2)

Baca: Persinga Ngawi

Stadion Cangkring Kulon Progo merupakan kandang dari Persikup Kulon Progo.

Stadion ini selesai dibangun pada tahun 2012.

Pembangunan Stadion Cangkring menghabiskan anggaran Rp 5,7 miliar yang didanai oleh APBD Provinsi DIY.

Stadion Cangkring yang dibangun oleh PT Duta Mas Indah sempat mengalami kendala dalam proses pembangunannya dikarenakan musim penghujan.

Namun rumput dari stadion yang sempat menjadi venue Porda DIY ini mengalami permasalahan.

Selain rumput yang mengering serta lapangan yang gembur dan berdebu, papan skor dari Stadion Cangkring juga belum ada. (3) (4)

Baca: PSS Sleman

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 

 

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here