Polisi Pelajari Laporan Luhut Soal Dugaan Fitnah Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti

0
12



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPolda Metro Jaya telah menerima laporan Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan terhadap aktivis Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti terkait fitnah dan dugaan pencemaran nama baik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, laporan Luhut akan diserahkan ke Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya untuk diteliti.
Pelimpahan itu dilakukan karena subyek laporan Luhut terkait dengan UU ITE.

“Tadi Pak Luhut sudah membawa beberapa barang bukti yang ada, ini masih akan dipelajari dan meneliti laporan yang ada di Polda Metro Jaya. Laporan itu akan dilimpahkan ke krimsus karena terkait konten video yang masuk dalam ranah ITE,” ujar Yusri dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Meski begitu, Yusri belum bisa memastikan apakah laporan Luhut itu akan naik ke tingkat penyelidikan atau tidak.

Baca juga: Luhut: Saya Setuju Semua Boleh Bicara dan Mengkritik Asalkan Disertai Data

Untuk itu, laporan Luhut akan dipelajari terlebih dahulu untuk menemukan unsur pidana dengan melakukan klarifikasi lengkap.

“Apakah naik ke tingkat penyelidikan kami akan melakukan pemanggilan saksi-saksi dulu. Jadi kita tunggu saja nanti seperti apa karena ini baru saja laporan polisinya datang,” jelas Yusri.

Sebelumnya pada Rabu (22/9/2021) pagi tadi Luhut Binsar Penjaitan melaporkan Haris dan Fatia terkait dugaan pencemaran nama baik. Ia didampingi pengacaranya, Juniver Girsang.

Baca juga: Luhut Polisikan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, Ingatkan Publik Tidak Ada Kebebasan Absolut

Laporan Luhut terdaftar dengan nomor LP/B/4702/IX/2021/SPKT/Polda Metro Jaya pada Rabu (22/9/2021).

Luhut mengatakan pelaporannya ke polisi atas pencemaran nama baik oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di sebuah video yang diunggah di YouTube pada Agustus lalu.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here