PON XX Papua, Ada 57 Kasus Covid-19, Ini Penyebabnya

0
7


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wilayah Papua Silwanus Sumule mengungkapkan ada 57 kasus Covid-19 yang terindentifikasi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Kondisi terkini tadi malam pukul 23.30 itu jumlah kasus (Covid-19) kita 50 dan tadi saya baru dapat ada tambahan 7 kasus baru, itu dari Merauke, jadi total kasus kita untuk pukul 11.30 waktu Papua itu sebanyak 57 kasus,” kata Silwanus dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube BNPB, Jumat (8/10/2021), dikutip dari Kompas.com.

Silwanus menjelaskan, seluruh pasien yang terpapar Covid-19  memiliki gejala ringan dan tanpa gejala.

Semua kasus Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala tersebut disebabkan karena para atlet dan ofisial sudah menerima vaksinasi.

“Kemudian teman-teman di hulu dan teman-teman kami di hilir juga berupaya mencegah, di hulu ada 3M dan 3T terus kita lakukan, sementara di hilir bagaimana kita mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan,” ujarnya.

PON XX Papua merupakan suatu ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua pada Oktober 2021.
PON XX Papua merupakan suatu ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua pada Oktober 2021. (kemlu.go.id)

Di sisi lain, pembukaan PON XX Papua penerapan protokol kesehatan cukup longgar.

Terlebih, masyarakat menyambut PON dengan penuh euforia.

“Kami menyadari euforia yang berlebihan masyarakat karena sudah lama menantikan satu pagelaran ini,” ucapnya.

Baca: Sri Mulyani Buka-bukaan Anggaran PON XX Papua Habiskan APBN Rp 10,43 Triliun, Ini Rinciannya

Baca: Kronologi Insiden Atlet PON XX Papua Cabor Gantole Asal Sumbar Jatuh dan Tergantung di Rumah Warga

Silwanus memastikan, seluruh atlet yang terpapar Covid-19 bakal mendapatkan penanganan maksimal dari pemerintah daerah Papua.

“Yang kami pastikan, Satgas dan Pemda Papua memastikan mereka (atlet terpapar Covid-19) dapat pelayanan terbaik kami pastikan jalan dengan baik,” pungkasnya.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here